14 Peserta PPSL Kemenag di UIN Mataram Siap Meraih Beasiswa S3 Luar Negeri
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan Kementerian Agama dengan bangga mengumumkan bahwa 14 peserta telah berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) di UIN Mataram.

PPSL adalah program yang dibiayai oleh kementerian keuangan melalui LPDP dan dilaksanakan oleh Kementerian Agama melaui program Beasiswa Indonesia bangkit (BIB).

Para peserta berasal dari berbagai PTKIN/PTKIS seluruh Indonesia yang sudah melalui proses seleksi yang ketat. Mereka membawa semangat belajar dan potensi akademik yang luar biasa.

Peserta PPSL yang terpilih mencakup beragam latar belakang keilmuan. 14 peserta ini akan menghadapi tantangan akademik yang seru dan membangun pondasi yang kuat untuk perjalanan studi tingkat lanjut mereka di luar negeri.

Baca Juga :  Gubernur Ingatkan Dimensi Sosial Dalam Beribadah

Selama 3 bulan di UIN Mataram, dari tanggal 27 November 2023 sampai tanggal 23 Februari 2024, Peserta akan mengikuti program intensif yang mencakup pelatihan pembuatan proposal penelitian, pelatihan IELTS, Tips untuk memperoleh beasiswa, profesionalisme dosen, dan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Mereka akan dibimbing oleh para pakar dan professional dari civitas akademika UIN Mataram yang pada pelaksanaan PPSL tahun 2022 mampu mengantarkan peserta mencapai target nilai IELTS untuk bisa mendaftar beasiswa ke luar negeri.

Bahkan ada peserta yang nilai IELTS nya mencapai 7, Peserta tersebut saat ini sudah kuliah di Sydney di Australia.

Keberhasilan inilah yang salah satunya menjadi factor UIN Mataram terpilih lagi menjadi salah satu dari 15 PTKIN yang menjadi Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) PPSL tahun ini. Ini tentu sebuah prestasi membanggakan bagi UIN Mataram.

Baca Juga :  Empat Sekawan Dampingi Pendakwah Kamtibmas Polres Lombok Barat

Dalam acara pembukaan secara nasional tanggal 28 November 2023 yang dilaksanakan secara daring, ketua PMU BIB Kemenag-LPDP Bapak Dr. Ruchman Busori, M.Ag, menyampaikan harapan yang besar bahwa program ini akan berhasil memberikan kesempatan meraih beasiswa S2/S3 ke luar negeri bagi dosen-dosen di PTKIN/PTKIS.

” Kepada para peserta untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan meninggalkan semua aktifitas lain dan focus untuk mempersiapkan diri meningkatkan nilai IELTS. Kepada PTP agar betul-betul memberikan pelayanan maksimal kepada peserta sehingga mereka bisa merasa tenang dan nyaman mengikuti kegiatan,” pesan Dr. Ruchman.

Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag, mewakili Rektor UIN Mataram dalam acara ramah tamah dengan peserta menyampaikan ucapan selamat datang dan berharap para peserta bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik.

Baca Juga :  Bupati Bima dan Wagub Tanam Cemara Laut Dan Mangrove

” Harapan kami agar menjaga kebersamaan antara sesama peserta serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar. Begitu juga untuk tidak lupa refreshing dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Lombok,” pungkasnya.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments