Kerjasama Pemda Lotim Tingkatkan SDM bersama BPVP dan Pemdes
Terjemahan

AmpenanNews. Kerjasama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan Pemda Lombok Timur, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur dan sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes), mendapat perhatian Kementerian Ketenagakerjaan.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusdie, melakukan kunjungan kerja ke Lombok Timur pada Jumat (13/10). Kedatangan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik.

Pj. Bupati pada kesempatan tersebut menekankan kerja sama memajukan SDM tidak hanya dilihat pada proses pelatihan semata. Pasca pelatihan sebagai tindak lanjut justru dinilai krusial. Dan itu ada pada desa. Karena itulah Pemda Lombok Timur mendorong pemanfaatan dana desa untuk tindak lajut hasil pelatihan dengan menyediakan dukungan peralatan, dan sebagainya, mengingat tantangan pasca pelatihann juga beragam.

Baca Juga :  Pemkab Lotim Raih Peringkat Pertama Penilaian Kinerja Pengelolaan DAK

Staf khusus yang membawa sejumlah kepala desa dari jawa tengah dan Jawa Timur, juga akademisi dan aktivis pembangunan desa tersebut, juga menyampaikan tujuan kunjungan kerjanya tidak lain untuk mempelajari pemanfaatan dana desa guna mendukung peningkatan kompetensi masyarakat yang sudah dilakukan oleh sejumlah desa yang ada di Lombok Timur bekerja sama dengan BPVP. Termasuk di dalamnya adalah mempelajari regulasi atau payung hukum sebagai landasan kerja sama tersebut.

Kementerian Ketenagakerjaan ucap Caswiyono Rusdie, sesungguhnya telah menandatangani Nota kesepahaman dengan Kementerian Desa serta Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi berbasis desa, akan tetapi Lombok Timur justru telah menerapkan hal tersebut. Karenanya ia berharap praktik baik yang dilakukan Lombok Timur dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lainnya di tanah air.

Baca Juga :  Intervensi PJAS Aman, Balai Besar BPOM Mataram Gelar Sosialisasi

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD serta sejumlah kepala desa yang melakukan kerja sama dengan BPVP Lombok Timur yang menyampaikan manfaat dan hasil kerja sama tersebut.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments