Ta’aruf Akademik Mahasiswa UNU NTB, Hidupkan Tradisi Pesantren
Terjemahan

AmpenanNews. Ta’aruf Akademik Mahasiswa Nahdlatul Ulama (Ta’awanu) Universitas Nahdlatu Ulama Nusa Tenggara Barat (UNU NTB) tahun akademik 2023/2024 dengan tema “Mendorong Peradaban, Merawat Kebinekaan”.

Dalam kegiatan Ta’awanu digelar 7 hingga 9 september 2023 bertujuan untuk mendiseminasi informasi mengenai universitas dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru agar mampu melewati proses transisi dan adaptasi dengan lingkungan yang baru.

Perbedaan dari tahun lalu, Ta’awanu tahun 2023 panitia menginisiasi agar seluruh civitas akademik dan peserta menggunakan pakaian adat nasional sebagai wujud apresiasi terhadap ragam budaya di Nusantara.

Terdapat salah satu yang menarik pada sesi pembukaan Ta’awanu adalah kehadiran para wali mahasiswa. Kehadiran meraka tidak lain untuk mendampingi dan menyerahkan putra-putri mereka untuk menimba ilmu ke UNU NTB.

Baca Juga :  Kesehatan menjadi Elemen Prioritas dalam NTB Gemilang

Dari cara ini diadopsi dari tradisi pesantren-pesantren di Indonesia yang ketika menyambut dan menerima kedatangan para santri ke pesantren.

Kesempatan itu, Rektor UNU NTB Baiq Mulianah menjelaskan wali dan pendamping mahasiswa penting untuk hadir supaya bersama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memaksimalkan mahasiswa berproses sejak masuk sampai dengan lulus kuliah di UNU NTB.

” Cara inilah yang diajarakan oleh guru-guru kita di pondok pesantren,” katanya.

Walaupun UNU NTB baru berusia 8 tahun, namun berdasarkan UniRank bahwa UNU NTB berada di peringkat 5 terbaik dari seluruh jumlah Universitas di NTB.

” Oleh karena itu, bapak-ibu patut berbangga dan harus tetap mendukung putra-putrinya untuk berproses di UNU NTB,” tutur Baiq Mulianah.

Baca Juga :  KI Minta Penyampaian Covid-19 Sesuai UU KIP

BPP UNU NTB HK Lalu Winengan mengungkapkan awal berdirinya UNU NTB banyak yang pesimis terkait keberadaan kampus ini.

” Kini banyak stakeholder berbondong-bondong untuk menjadi bagian dari UNU NTB,” ungkapnya.

Begitu juga Wakil Ketua PWNU NTB, Dr Saleh Ending mengatakan mengabdi di NU dan khususnya UNU NTB akan mendatangkan keberkahan dalam hidup.

” Jika kalian ikhlas mengabdi dan berproses di UNU NTB, maka berbagai keberkahan akan kalian dapatkan,” sebutnya.

Dalam keberadaan UNU NTB hingga saat ini memang mendapat apresiasi yang luas dari banyak kalangan. Hal ini karena selain mampu menyediakan program atau jurusan baru.

” UNU NTB telah sukses mengantarkan para alumni mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,” kata Saleh Ending.

Baca Juga :  Gubernur, Beragama Harus Membangun Relasi Konstruktif Sesama Manusia

Wakil Ketua LPTNU PBNU, Ifan Haryanto sangat kagum dengan sepak terjang UNU NTB.

“LPTNU PBNU sangat mengapresiasi pesatnya perkembangan UNU NTB. Walaupun dikategorikan sebagai kampus baru, namun dapat bersaing dengan kampus lainnya dan berhasil mengantarkan para alumni ke dunia kerja,” katanya.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments