Screening HIV/AIDS di Wilayah Kelurahan Cakranegara Utara
Doc. Kasi Pemerintahan Cakranegara Utara, Kota Mataram
Terjemahan

AmpenanNews. Screening HIV/AIDS di wilayah Kelurahan Cakranegara Utara, telah dilaksanakan Pemetaan Hotspot Populasi Kunci (POCI) Beresiko terinfeksi HIV/AIDS yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram dan Yayasan INSET Bulan Agustus 2022, terdapat beberapa Hotspot POCI di wilayah Kerja Kelurahan Cakranegara Utara. pada hari Rabu, 8/02.

Dalam kegiatan tersebut, Puskesmas Karang Taliwang sebagai salah satu Puskesmas LKB yang ada di Kota Mataram ikut serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dengan mengadakan kegiatan berupa mobile screening HIV/AIDS dan IMS.

” bukan hanya screening saja yang kita lakukan namun juga ada penyuluhan tentang HIV/AIDS ke kelompok resiko tinggi dan kelompok yang rentan tertular HIV yang menjadi populasi kunci dalam keberhasilan penanggulangan HIV/AIDS ini,” papar Kepala Seksi Pemerintahan Keluraham Cakranegara Utara, Lalu Heru Nuryadin.

Baca Juga :  Pesan Bupati Lotim Agar Meningkatkan Pelayanan Kesehatan dan Profesionalitas Perawat

Dinas Kesehatan Kota Mataram dan yayasan INSET didampingi Kasi Pemerintahan Kelurahan Cakranegara Utara, , Babinsa, Bhabinkamtibmas dan korlap Satlinmas I Made Bagiartha, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) secara random ke Pondokan Kos Kosan.

” kita sudah mendapatkan beberapa sampel untuk dilaksanakan test kesehatan langsung kepada warga penghuni pondokan atau kos kosan, setealah melakukan pengambilan sampel, Alhamdulillah hasilnya baik semua atau belum ditemukan kasus positiv HIV/AIDS,” pungkas Mamiq Heru, sapaan akrabnya.

Miq Heru juga menyampaikan bahwa Pemerintah Cakranegara Utara mulai gencar melakukan monitoring terhadap kos kosan dan usaha pondokan yang ada di wilayah kelurahan ini, sehingga mempermudah untuk memdapatkan informasi terkait hal tersebut.

“untuk penyuluhan tentang HIV/AIDS,  kami sampaikan ke kelompok resiko tinggi dan kelompok yang rentan tertular HIV/AIDS, terutama kepada remaja usia produktif, ini sangat kami perioritaskan untuk mencegah penularan HIV/AIDS ini,  ” tutup Miq Heru.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments