Korlap, Polda NTB dan Dishub Periksa Kesiapan Tiga Koridor WSBK
Terjemahan

AmpenanNews. Polda NTB bersama Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB) dan Koordinator Lapangan (Korlap) World Superbike (WSBK) Periksa kesiapan tiga koridor kedatangan penonton WSBK Indonesia 2022 Mandalika, Selasa (1/10/2022).

Dari tiga koridor kedatangan penonton, yakni Ex Bandara Selaparang, Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok (BIL).

Turut hadir dalam kesempatan itu Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hariutomo, Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo, Kepala Dinas Perhubungan NTB H Lalu Mohammad Faozal, Korlap WSBK, serta beberapa kepala dinas dan stakeholder terkait lainnya.

Melalui Irwasda Polda NTB Kombes Pol Djoko Hariutomo mengatakan, pengecekan lapangan ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui sejauh persiapan yang sudah dilakukan.

Irwasda berharap koordinasi semua pihak harus ditingkatkan, agar pelaksanaan WSBK berjalan lancar.

Baca Juga :  WSBK segera digelar, Angka Positif Covid-19 di NTB terus Meningkat

“butuh keterbukaan dan kerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan WSBK ini, mengingat setiap instansi mempunyai tugas pokok sendiri-sendiri, karena hal itu, maka diperlukan koordinasi yang tinggi,” tutupnya.

Kemudian Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Abu Bakar Tertusi mengatakan, semua jenis pengamanan sudah disiapkan, baik diluar maupun di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Untuk personel yang disiapkan mencapai angka 2.297 personel, termasuk TNI dan BKO Mabes Polri.

Dengan sandi pengamanan yang akan dipakai yakni, Operasi Mandalika 3 Rinjani 2022, pihaknya juga akan menyiapkan beberpa Satgas untuk pengamanan nanti, terdiri dari Satgas Preventif dan Satgas Pre Emtif, Satgas Gakum, Satgas Ban Ops dan lain-lain.

“satgas yang kita siapkan, terdiri dari Polisi Berseragam dan ada juga Polisi yang tidak berseragam, termasuk didalamnya Satgas anti Copet,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan H Lalu Mohammad Faozal selaku pimpinan rombongan saat itu, menjelaskan, ia bersama rombongan hari ini melakukan pengecekan koridor kedatangan penonton untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika Penonton WSBK datang ke Lombok.

Baca Juga :  Motif Perusakan Air Terjun Babak Pelangi Belum Diketahui Jelas

“skenario pergerakan kita hari ini bersama Korlap WSBK, Irwasda, Karo Ops, Dirlantas serta mitra perhubungan lainnya, untuk melihat koridor kedatangan penonton WSBK,” jelas Faozal.

Selain itu, hari ini semua melakukan survei lapangan ke koridor kedatangan penonton WSBK, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Faozal menjelaskan, di Pelabuhan Bangsal, Ex Bandara Selaparang dan BIL, akan ada Shuttle Bus Gratis untuk penonton WSBK, namun perlu diperhatikan jenis tiketnya Supaya tidak salah naik kendaraan.

“bagi penonton WSBK yang naik kendaraan gratis harus sudah memiliki tiket, sebab akan langsung pembagian rute, apakah mereka melewati By Pas Bil Mandalika atau melalui jalur Sengkol,” tegasnya.

Kemudian Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo telah siap dengan segala sesuatu untuk rekayasa lalu lintas saat WSBK Nanti.

Baca Juga :  Anggaran Koni Terbatas, Pemkab Tak Terlalu Berharap, Prestasi Cukup Dipertahankan

“untuk pintu masuk sudah kita siapkan rekayasa lalu lintasnya, baik di samping shuttle maupun yang menggunakan ASK (Angkutan Sewa Khusus) dan ASU (Angkutan Sewa Umum)” pungkas Djoni.

Nantinya menuju pintu masuk akan ada Sign Board sebagai petunjuk untuk penonton yang akan dibantu oleh petugas guna menyampaikan jalur mana yang harus dilewati.

Kesempatan yang sama, Koordinator Lapangan (Korlap) World Superbike (WSBK), Jamaluddin Malady mengatakan, bagi masyarakat yang belum memiliki tiket diharapkan untuk tidak ke Mandalika selama kegiatan tersebut berlangsung.

“Untuk masyarakat NTB yang tidak menonton WSBK, silahkan berwisata dulu ke tempat lain supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di Mandalika”, tuturnya.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments