Mahasiswa KKNT Gelar Sosialisasi Irigasi Tetes di Desa Segara Katon
Terjemahan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Mataram (Unram) membuat Rumah Bibit dan Gelar Sosialisasi Pengairan Dengan Sistem Irigasi Tetes Menggunakan Keran Aerator, manfaatkan Pekarangan Rumah, di Desa Segara Katon, Kec. Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

 

Sebagai bentuk pemanfaatan pekarangan rumah dan perwujudan kebijakan pemerintah yaitu Pekarangan Pangan Lestari (P2L), mahasisswa KKN Tematik Unram di Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara pada Kamis, 23 Juni 2022 membuat rumah bibit dengan ukuran 5 m x 6 m x 3 m. Kegiatan pembuatan rumah bibit ini sebagai bentuk realisasi dari pelaksanaan program kerja yang telah dicanangkan oleh mahasiswa KKNT Unram.

“Pengerjaan rumah bibit sudah dilakukan sejak pekan pertama KKN, hari Kamis, 23 Juni 2022. Kami mendapat izin menggunakan pekarangan rumah dari PK Karang Kerakas. Untuk proses semai bibitnya juga dilakukan sejak pekan pertama dan pemindahan bibit ke polybag dilakukan di pekan kedua.” ucap ketua KKNT Unram, Virdaus Ade Saputra.

Baca Juga :  Universitas Mataram Tingkatkan Kolaborasi dalam Implementasikan Program Merdeka Belajar

Setelah pemindahan bibit ke polybag dilakukan, proses selanjutnya adalah pemeliharaan bibit seperti rutin menyiram bibit 2 kali sehari, pembersihan gulma dan pembersihan rumah bibit.

“Kegiatan yang dilakukan teman-teman KKN sangat luar biasa, masyarakat menerima manfaat dari program kerja yang direncanakan, seperti pembagian bibit, sosialisasi irigasi tetes dan lainnya. Program yang dilakukan ini sangat terarah, dan bisa dilihat langsung sehingga akan akan terkenang di masyarakat. Dampak positifnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Keberadaan teman-teman KKN saat ini, sangat saya apresiasi. Saya katakan kalian berhasil melaksanakan KKN di desa ini dan harapan saya semoga saya mendapat KKN seperti kalian.” ucap Bapak Fauzi selaku Pelaksana Kewilayahan Karang Kerakas, lokasi posko mahasiswa KKN.

Adapun proses keberlanjutan dari rumah bibit adalah pemeliharaan yang akan dilakukan oleh PK Karang Kerakas.

“InsyaAllah sangat membantu untuk warga kami di Desa Segara Katon. Kehadiran mahasiswa KKN sangat positif untuk masyarakat saya. KKN ini sangat berkesan untuk masyarakat karena kalian terjun langsung ke masyarakat.” ujar Kepala Desa Segara Katon, Bapak Ramdan.

Baca Juga :  Prof. Husni Paparkan Profile Unram di Hadapan Mendikbudristek RI

Adapun bibit yang ditanam ada 600 lebih bibit yang disalurkan ke tujuh dusun di Desa Segara Katon. Masing-masing dusun mendapat 50 bibit dan sisanya akan dikelola secara berkelanjutan oleh PK Karang Kerakas.
Tidak hanya rumah bibit yang menjadi fokus utama mahasiswa KKN. Adapun program kerja lainnya yaitu pembuatan apotek hidup dan pengairan menggunakan irigasi tetes dengan media keran aerator.

Beberapa jenis tanaman obat yang ditanam di samping rumah bibit meliputi daun serai, kencur, jahe, dan kunyit. Diharapkan dengan adanya apotek hidup ini dapat membantu masyarakat di Desa Segara Katon.

Untuk pengairan irigasi tetes menggunakan keran aerator, mahasiswa KKN melakukan sosialisasi ke tujuh dusun dan melakukan kunjungan ke Kelompok Wanita Tani di setiap dusun, sebagai upaya memperkenalkan teknik pengairan menggunakan irigasi tetes dengan keran aerator sekaligus dirangkaikan dengan penyaluran bibit.

Baca Juga :  Raih Medali Emas Nasional, Dua Siswa NTB Dapat Penghargaan dari Gubernur

“Kehadiran teman-teman KKN memberi dampak positif bagi warga sekitar, terutama Dusun Karang Kerakas, karena lokasi poskonya di sini. Kami sangat senang menerima teman-teman KKN, program kerjanya juga sangat membantu masyarakat, seperti penyaluran bibit, irigasi tetes, dan lainnya.” ujar Ibu Radiah, salah satu warga Dusun Karang Kerakas.

Diharapkan dengan adanya rumah bibit, apotek hidup dan sosialisasi pengairan irigasi tetes dapat membenatu masyarakat di Desa Segara Katon untuk mewujudkan kebijakan pemerintah yaitu Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sebagai bentuk upaya mewujudkan ketahanan pangan di Desa Segara Katon.

Penulis

Wiwid Nurul Asmi Perwakilan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram, Desa Segara Katon, Kec. Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

 


Subscribe
Notify of
guest

12 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
Lexythampaty
Lexythampaty
1 tahun lalu

Luar biasa ini baru anak2masa depan bangsa

HELMIZAN
HELMIZAN
1 tahun lalu

Mantap Luar Biasa..

Rmwati
Rmwati
1 tahun lalu

Kerenn KKN Segara Katon
Semoga berkesan di masyarakat

Luhan vj
Luhan vj
1 tahun lalu

I appreciated that 👌
Firstly orang KKN didusun karang kerakas dan kalian mampu memberikan kesan yg baik kepada masyarakat dusun khusunya dan masyarakat desa umumnya. Semoga menjadi panutan untuk KKN selanjutnya:)
KKN TEMATIK UNRAM IMPRESS ME MUCH !!!

Saijage
Saijage
1 tahun lalu

Gilakkk keren banget👍

Nestin
Nestin
1 tahun lalu

Keren banget👍

Virdaus Ade Saputra
Virdaus Ade Saputra
1 tahun lalu

Semangat yaa Buat teman-teman KKN SEGARA KATON. Semoga Ilmunya bermanfaat untuk masyarakat.