Atraksi Gendang Beleq Polres Loteng Iringi Wisudawan Purna Bhakti Polda NTB
Terjemahan

AmpenanNews. Atraksi kesenian gendang beleq binaan Polres Lombok Tengah tampil pada saat acara pelepasan Wisudawan Purna Bhakti bagi purnawirawan Polri dan PNS di Polda Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (26/8).

“Pemain gendang beleq yang beranggotakan 45 orang ini merupakan Personel Polres Lombok Tengah,” kata Kabag SDM Polres Lombok Tengah Kompol Nuraini.

Kompol Nuraini menjelaskan, para pemain Gendang Beleq yang terdiri dari personel Polres Lombok Tengah tersebut merupakan binaan dari Kapolres Lombok Tengah yang kerap ditampilkan pada saat acara-acara penerimaan tamu dan acara lainnya.

Selain itu, pada saat acara pelepasan wisudawan Purna Bhakti di Mapolda NTB, Polres Lombok Tengah juga menampilkan tari tombak yang dimainkan oleh personel Polwan Polres Lombok Tengah.

Kompol Nuraini sendiri berharap, Gendang Beleq yang merupakan kesenian asli suku sasak yang dimainkan oleh personel Polres Lombok Tengah kedepan bisa terus dilestarikan sebagai budaya kearifan lokal.

Sebanyak 79 anggota Polisi dan PNS Polri di lingkup Polda NTB wisuda hari ini, di Tribun Lumbung, Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (26/8/2022).

Wisuda adalah istilah yang dipakai oleh Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) untuk melepas anggota polisi yang memasuki masa purna tugas dari kesatuannya.

Baca Juga :  Gratis, Penerimaan Terpadu Bintara Polri Tahun Anggaran 2022

Di Bulan Agus 2022 ini 79 anggota Polri dan PNS Polri di lepas untuk menikmati masa purnanya, mereka semua tentunya bertugas di wilayah Hukum Polda NTB, baik di Polda maupun di Polres Jajaran.

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto ucapkan terimakasih kepada semua Purna yang di wisuda, karena telah menjalankan tugas dengan baik hingga akhir masa tugasnya.

“kepada mereka yang wisuda kami ucapkan terimakasih karena telah menjalankan tugas dengan baik dan tetap sehat hingga akhir masa tugasnya,” kata Kapolda NTB.

Ia juga berharap jalinan silaturrahmi tidak terhenti di Gerbang Polda NTB, kedepan para Purna diaharapkan tetap dapat berkontribusi kepada institusi Polri, terutama bagi anggota yang masih aktif.

Untuk mengokohkan silaturrahmi itu, Kapolda NTB langsung memerintahkan sejumlah satker untuk merencanakan program untuk purna.

Seperti penyediaan sekretariat untuk Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) NTB.

Selain itu, ia juga merencanakan pemeriksaan kesehatan berkala dan segala sesuatu yang dapat menjalin hubungan baik dengan Purnawirawan Polri kedepan.

Hal itu disambut Baik oleh ketua PP Polri NTB Kombes Pol Purnawirawan Brata Suta, ia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolda NTB dan segenap jajarannya yang telah membuat acara wisuda untuk para Purnawiran.

Baca Juga :  TNI-Polri Antisipasi Covid-19, Berikan Imbauan Ditempat Hiburan

Ia merasa terhormat dan bangga dengan acara pelepasan yang diadakan oleh Polda NTB.

“kami dari pengurus Daerah PP Polri NTB mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda bersama jajarannya yang telah menyempatkan melaksanakan wisuda purnawirawan Polri,”

Kedepan, selaku ketua PP Polri di NTB Brata Suta berharap Polda NTB dapat menunjukkan dedikasinya sehingga terus dapat dicintai masyarakat.

Selain itu salah satu Purnawirawan Polri yang wisuda AKBP Purnawirawan I Made Baduarsa mewakili rekannya yang lain mengungkapakan kebahagiaannya dengan acara yang digelar oleh Polda NTB untuknya.

Ia merasa terhormat dan bangga, karena Polda NTB menggelar acara wisuda untuk dirinya dan teman-temannya yang kian.

“momentum wisuda ini, ijinkan kami mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepasa Bapak Kapolda beserta jajaran yang telah membuat acara ini,” ucapnya.

Ia juga merasa bahagia dan bangga dapat menyandang gelar Purnawirawan karena tidak semua anggota Polri dapat menyandangnya.

“kami semua sangat bersyukur dan bangga menyandang gelar atau status purnawirawan, karena untuk mencapai gelar purnawirawan tidak semudah yang difikirkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Wakapolda Terima Kunjungan Kerja Kompolnas RI di Mapolda NTB

“karena pengalaman membuktikan bahwa semua personel belum tentu bisa mendapat gelar purnawirawan, karena disebabkan oleh sesuatu dan lain hal, seperti mengundurkan diri dari Polri, di PDH atau meninggal dunia sebelum waktunya purna bakti atau yang lainnya,” tambahnya.

Selaku inisiator dan penanggungjawab acara Karo SDM Polda NTB Kombes Pol Boro Windu turut bahagia melihat acara itu sukses terlaksana.

Ia menyebutkan bahwa penyelenggaraan acara itu sebagai bentuk penghargaan bagi para purnawirawan yang telah berjuang menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

“meskipun mereka sudah purna, tetapi tetap menjadi keluarga besar Polri,”

Kedepan, pihaknya akan terus menjalin hubungan baik dengan purna, akan sambangi dan berkolaborasi denga PP Polri guna terus menjalin hubungan dengan mereka.

Pada momen tertentu pihaknya juga akan menyambangi, mengecek kesehatan mereka dan lain sebagainya.

“kita akan terus menjalin hubungan dengan mereka, hingga nanti pada saat tutup usia, Insya Allah kita akan berikan dukungan untuk mereka,” pungkasnya.

Acara wisuda itu, diisi dengan ramah tamah, makan bersama, foto bersama dan ditutup dengan tradisi pedang Pora. Semua PJU dan Kapolres Jajaran ikut meramaikan acara wisuda itu.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments