Peringati Hari Anak Nasional 2022 Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Lomba

Mahasiswa KKN Unram berpartisipasi dalam memperingati Hari Anak Nasional 2022 dengan mengadakan lomba anak-anak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Peringatan ini harus menjadi momentum yang dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar dan berkompetisi pada usia sebayanya.

Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Tahun ini, tema Hari Anak Nasional 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” untuk memberikan perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Anak merupakan makhluk sosial yang memiliki usia dibawah 18 tahun sesuai dalam UU Perlindungan Anak, yang dapat dibuktikan dimana ketidakberdayaannya terutama pada masa bayi dan kanak-kanak yang menuntut adanya perlindungan dan bantuan orang tua.

Mahasiswa KKN Unram melihat kurang aktifnya kegiatan yang melibatkan anak-anak di desa ini mendorong mereka untuk mengadakan kegiatan lomba dalam rangka meningkatkan keaktifaan anak-anak sekaligus memeperingati Hari Anak Nasional.

Adanya lomba ini mendapat dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat setempat sehingga dapat dijalankan dengan baik.

“Ide bagus itu, karena di Desa Mertak ini sangat jarang ada lomba apalagi untuk anak-anak” tutur Sekretaris Desa Mertak.

Lomba yang diadakan mahasiswa KKN Unram melibatkan anak-anak khususnya di Desa Mertak pada hari Minggu, 24 juli 2022 sampai Selasa, 26 juli 2022 dengan beberapa macam lomba, yaitu balap karung, sendok kelereng, sarung estafet, azan, fashion show, dan lain lain.

Anak-anak Desa Mertak terlihat sangat antusias yang dapat dilihat dari semangat dan jumlah anak yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Partisipasi masyarakat Desa Mertak juga menjadi pendorong kelancaran kegiatan lomba, dan bahkan orang tua dari anak-anak ikut hadir untuk menyemangati anak-anak mereka.

Keberhasilan lomba yang dijalankan Mahasiswa KKN Unram merupakan kepuasan tersendiri bagi mereka karena bisa ikut andil dalam memeriahkan Hari Anak Nasional tahun ini.

Senyum dan semangat anak-anak serta masyarakat Desa Mertak dalam berpartisipasi pada kegiatan lomba juga menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan.

“terimakasih buat adik-adik mahasiswa sudah mengadakan lomba ini, besar harapan kami sebagai orang tua bahwa kegiatan lomba seperti ini bisa memberikan kebahagiaan dan meningkatkan semangat anak-anak kedepannya” kata salah satu orang tua dari anak-anak.

Penulis :
Novia Ramadyana Perwakilan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close