Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Pelatihan Pengolahan Cabe Kering

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Adakan Pelatihan Pengolahan Cabai Kering Sebagai Salah Satu Alternatif Dalam Meningkatkan Harga Jual.

 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram Desa Gerung Permai yang bertemakan “Desa Tertinggal” mengadakan program pelatihan pengolahaan cabai kering menjadi bubuk cabai di Desa Gerung Permai, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur.

Pelatihan ini diadakan di Aula Kantor Desa Gerung Permai pada hari Jumat 8 Juli 2022 yang dihadiri oleh Ibu-ibu PKK, Kader, remaja, masyarakat, perangkat desa dan tidak lupa pula pengelola BUMDES Gerung Permai turut menghadiri kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan pengolahan cabai kering menjadi bubuk cabai merupakan salah satu program kerja utama yang dijalankan oleh mahasiswa KKN Tematik Unram untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan tentunya pelatihan ini diharapkan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat ke depannya.

Sebelumnya pengadaan program pelatihan pengolahan cabai kering menjadi bubuk cabai, melihat dari potensi yang ada di Desa Gerung Permai sebagai salah satu desa dengan penghasil cabai sebagai komoditas utama.

Untuk itu, mahasiswa KKN Tematik Unram hadir untuk membantu mengembangkan potensi Desa Gerung Permai secara maksimal dan tentunya adanya program pelatihan pengolahan cabai kering menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan harga jual ketika harga cabai menurun.

Narasumber dari kegiatan pelatihan ini langsung dari mahasiswa KKN itu sendiri yang memberikan inovasi baru dalam pengolahan bubuk cabai kepada masyarakat Desa Gerung Permai.

Mulai dari penyampain materi, pengenalan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan serta langkah-langkah dalam proses pembuatan bubuk cabai sampai pada proses terakhir yaitu pengemasan hingga proses pemasarannya.

Mahasiswa KKN memperkenalkan langsung hasil pengolahan cabai kering menjadi bubuk cabai kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu “Bubuk Cabai Gerung Permai” dengan kemasan botol berisikan 150 gram yang sudah dilengkapi stiker.

Adanya kegiatan ini, Sekertaris Desa Gerung Permai Kodriayadi, A.Md berharap pelatihan pengolahan cabai kering yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tematik Unram dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan sebagai salah satu cara alternatif untuk mengembangkan potensi Desa Gerung Permai yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sehingga pada akhirnya produk bubuk cabai ini dapat membuka peluang pekerjaan untuk masyarakat kedepannya.

Penulis
Wahida Yustrotin Nur
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close