Dampak Dari Kecanduan Bermain Aplikasi Tiktok

Pada era yang modern ini apalagi canggihnya teknologi dan komunikasi seperti handphone dan adanya internet, internet maupun gadget ini digunakan oleh seluruh dunia dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang tua.

Dan sekarang ada aplikasi yang sedang booming yaitu aplikasi Tiktok yang berasal dari Tiongkok, aplikasi Tiktok ini adalah aplikasi untuk membuat video pendek yang berdurasi 15 sampai 60 detik yang mempunyai musik, fitur dan lainnya. Tetapi aplikasi ini mempunyai beberapa dampak negatif maupun positif nya.

Ada beberapa hal dampak negatif aplikasi Tiktok adalah sebagai berikut:

Pertama, Banyak konten kreator yg bikin konten 18+ sedangkan aplikasi Tiktok, pengguna nya tidak hanya orang 17 tahun keatas, karna sekarang Tiktok yg merupakan aplikasi dengan download terbanyak selama tahun 2020. Jadi, belum ada batasan usia pengguna dari pihak tiktok sendiri. dan tentu saja masih banyak anak² dibawah umur yg mendownload Tiktok di handphone mereka masing² untuk mengikuti trend.

Kedua, Anak-anak dan remaja menjadi ketagihan atau kecanduan bermain gadget, sampai lupa waktu bahkan sampai lupa untuk belajar, yang paling parah dan yang paling sering terjadi yaitu anak-anak jarang membantu orang tua di rumah, menjadi pribadi yang lebih tertutup, jarang bersosialisasi karna bermain gadget terus.

Ketiga, Adanya video-video yang tidak pantas untuk dicontoh bagi remaja dan anak zaman sekarang. Seperti yang kita ketahui sekarang ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuat video yang menistakan agama seperti menghina nabi Muhammad S.a.w. dan lain-lain hanya karena ingin menjadi terkenal atau viral tanpa mereka menyadari apakah itu pantas untuk di buat atau tidak.

Keempat, Aplikasi ini juga bisa membuat seseorang menjadi syndrom Tiktok hal ini bisa membahayakan mereka sendiri. Syindrom Tiktok ini bisa membuat mereka menggerakkan badan sendiri tanpa menyadari nya atau bukan keinginan mereka sendiri hanya saja itu karena lagunya terngiang-ngiang dikepala mereka.

Walaupun Tiktok memiliki banyak dampak negatif, tetapi Tiktok juga memiliki dampak positif tersendiri sebagai berikut:

Pertama, Di Tiktok itu sendiri kita bisa melihat berbagai macam berita yang sudah disajikan semenarik mungkin, bisa berolahraga dengan joget-jogetan, bisa memiliki teman daerah luar, bisa mengedukasi juga dengan beberapa video bagus, dari Tiktok itu juga kita bisa belajar cara mengedit video dengan bagus.

Kedua, Tiktok menjadikan masyarakat di kalangan anak kecil, muda dan tua mengeksplor diri ke hal positif karna dari Tiktok kita bisa mengeluarkan kekreatifan diri kita sendiri.

Solusi agar tidak kecanduan bermain Tiktok adalah sebagai berikut:

Pertama, Pergilah bersosialisasi atau berinteraksi dengan keluarga atau orang lain agar tidak menjadi pribadi yang individualis.

Kedua, Membatasi diri untuk memegang handphone atau membuat jadwal dengan memberikan peringatan atau alarm di handphone.

Ketiga, Carilah aktivitas baru atau hobi baru selain memegang handphone.

Saran saya buat Tiktok kedepannya agar meningkatkan kebijakan privasi terhadap konten-konten yang mengandung unsur dewasa bila perlu jika ada akun yang mengunggah vidio 18+ bisa langsung di blokir dari Tiktok.

Bukan hanya Tiktok saja kita juga harus membatasi diri agar tidak berlebihan dengan menggunakan akun sosial media agar tidak terpengaruh atau terjerumus kedalam hal-hal yang berbau negatif.

Oleh: Niatul Wardani
Program Studi Sosiologi Universitas Mataram

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close