KKNT Unram Tanam Pohon Berbuah Guna Menyokong Kas Masjid di Malaka

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Mataram, lakukan penghijauan dengan menanam pohon berbuah guna menyokong kas Masjid dalam jangka panjang di Desa Malaka, merupakan salah satu desa di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok utara.

Desa Malaka merupakan salah satu desa yang memiliki keunggulan dibidang pariwisata serta pertanian.

Secara geografis desa malaka diapit oleh bukit dan lautan, sehingga pariwisata serta pertanian menjadi sektor utama yang dijadikan masyarakat sebagai sumber utama mata pencaharian.

Desa Malaka sendiri khususnya pada kawasan dusun lendang luar terkenal akan kesuburan tanahnya.

Sehingga pertanian cukup berkembang pada wilayah ini.

Dusun Lendang Luar sendiri diketahui memiliki beberapa kelompok tani yang berperan cukup aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.

Kehadiran KKNT Uiversitas Mataram di Dusun Lendang Luar yang berkoordinasi dengan kelompok tani melakukan penghijauan dengan menyediakan bibit-bibit pohon yang berbuah seperti jambu Kristal, matoa dan lain sebagainya.

Pemilihan penghijauan dengan menanam pohon berbuah diharapkan memberikan keuntungan bagi berbagai pihak.

Buah dari pohon akan dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan bagi warga dusun sedangkan pepohonan yang ditanam akan berkontribusi pada penghijauan lahan.

Dalam program penghijauan ini Mahasiswa KKNT Universitas Mataram bekerja sama dengan berbagai pihak dusun.

Adapun dalam kegiatan ini mahasiswa KKN di Dusun Lendang Luar menjalin kerjasama dengan salah satu anggota dari kelompok tani yang bernama H. Asmirin.

Beliau merupakan salah satu anggota kelompok tani yang di percaya oleh desa untuk mengelola tanah kas masjid Dusun Lendang Luar.

Adapun tujuan dalam kegiatan penghijauan ini diharapkan mampu untuk memiiki dampak hasil serta manfaat yang berjangka panjang.

Jambu kritsal menjadi bibit yang dipilih untuk di tanam pada tanah kas masjid.

Penanaman bibit jambu pada lahan milik kas masjid yang di kelola oleh H. Asmirin diharapkan mampu berkontribusi dalam bidang penghijauan sehingga bermanfaat dalam mengurangi penggundulan hutan yang banyak dilakukan oleh masyarakat dengan menjadikan hutan sebagai kawasan persawahan.

Sedangkan hasil seperti buah dari jambu kristal diharapkan dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang untuk keperluan pendanaan pembangunan masjid di Dusun Lendang Luar, juga mampu di konsumsi oleh warga sekitar sebagai tambahan gizi dalam mengkonsumsi buah.

Penulis
Alwi Sahnan, Perwakilan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close