Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Lomba Makanan Tepat Gizi di Desa Pohgading
Terjemahan

Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram Desa Pohgading periode Juni sampai Agustus 2022 telah mengadakan lomba makanan tepat gizi pada Senin 25 Juli 2022, kegiatan tersebut bertempat di halaman Kantor Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

Lomba tersebut dihadiri oleh para kader dari 9 (sembilan) posyandu, ibu PKK serta bidan Desa Pohgading. Adapun yang menjadi peserta lomba adalah kader dari sembilan posyandu yaitu : Untas Mulia, Gubuk Lauk, Gubuk Tengak, Gubuk Timuk, Gubuk Daya, Suka Datu, Bubur Gadung, dan Dedalpak. Juri dari lomba tersebut diwakili oleh Ibu Nurjiati selaku ketua PKK, Ibu Warni Juita selaku wakil ketua PKK, Ibu Najihah Hidayani selaku sekretaris PKK dan Ibu Yaumil Septianingsih Ulpar A. Md.Keb.

Baca Juga :  Direktur UPTD RSUD Labuhan Haji Hentikan Penerimaan Donasi

Lomba tersebut merupakan salah satu program kerja utama dari tim KKN Unram Tematik Desa Pohgading yang menjadi acara puncak. Dari lomba tersebut nantinya akan mengasah pengetahuan dan keterampilan para kader posyandu dalam mengolah makanan agar sesuai dengan standar gizi.

Tujuan diadakan lomba makanan tepat gizi tersebut adalah agar dapat bermanfaat untuk para peserta lomba karena dapat menambah serta meningkatkan akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang. Tidak hanya itu, cara mengolah dan menyajikan menu dengan memenuhi gizi sehari hari dengan memanfaatkan potensi pangan lokal terutama yang mudah ditemukan oleh masyarakat.

Kriteria penilaiannya meliputi: kandungan kalori dan cita rasa (10%), kreativitas (5%), waktu pengolahan (15%), kandungan gizi ( 25%), kebersihan (15%) dan presentasi (30%).

Baca Juga :  Dampak Dari Kecanduan Bermain Aplikasi Tiktok

“Diharapkan dengan adanya lomba tersebut bisa menambah pengetahuan para peserta lomba dalam penyajian yang menarik serta tau bagaimana cara mengolah makanan yang baik dan benar agar kandungan gizi dari makanan tersebut tidak hilang selain itu, untuk menghindari kebiasaan membeli makanan di luar rumah”, Ujar ketua Pohgading dalam sambutannya.

Penulis

Miftahul Jannah Perwakilan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments