Bendungan Desa Pandan Duri Tawarkan Berbagai Opsi Wisata Menarik

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram, Bendungan Desa Pandan Duri tawarkan berbagai opsi wisata menarik, termasuk wisata sampan murah keliling bendungan sepuasnya.

Desa Pandan Duri merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak kota matram ke desa Pandan duri sekitar 40 Km atau sekitar 1 jam perjalanan. Salah satu potensi luar biasa yang ada di Desa Pandan Duri yakni keberadaan bendungan Pandan Duri yang sangat luas. Bendungan ini memiliki luas genangan 315.7 Ha, dengan volume tampungan 27 juta m3.

Bendungan ini memiliki fungsi irigasi lahan, pengendali banjir, perikanan darat, pengembangan pembangkit listrik micro hydro dan fungsi pariwisata.

Ada banyak opsi wisata, keliling bendungan dengan sampah adalah salah satunya, dengan membayar sekitar 10 Rb per orang, wisatawan dapat menikmati wisata naik sampan keliling bendungan sepuasnya, wisatawan akan diajak keliling bendungan hingga ke main dam bendungan. Wisata sampan akan sangat menyenangkan bersama keluarga, teman maupun orang tercinta.

Selain wisata naik sampan, memancing juga dapat menjadi opsi wisata yang menyenangkan. Setiap sore menjelang malam, sepanjang bendungan tidak pernah sepi dari keberadaan pemancing, berdasarkan wawancara kami dengan salah satu pemancing, “hobi, suasana bendungan yang indah dan tenang serta banyaknya ikan menjadi alasan pemancing terus berdatangan.” Ucap seorang pemancing.

Banyak warga lokal yang juga membudidayakan ikan di dalam bendungan, budidaya ikan air tawar di bendungan Pandan Duri cukup menjanjikan mengingat luasnya bendungan yang dapat mendukung proses pertumbuhan ikan, wisatawan dapat membeli ikan langsung dari keramba warga lokal, tentu ikan akan lebih segar dengan harga yang lebih murah.

Selanjutnya, pinggiran bendungan dapat dijadikan tempat untuk menikmati sunset maupun sunrise, sambil menikmati latar megahnya gunung rinjani yang juga terlihat jelas dari bendungan. Wisatawan juga bisa jogging, jalan santai atau bersepeda di sepanjang jalan inspeksi bendungan yang keren, di sebelah kanan jalan terdapat pemandangan perairan bendungan sementara itu di sebelah kiri terdapat pepohonan asri yang memanjakan mata.

Kami mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Pandan Duri menghimbau agar para pengunjung tetap menjaga kebersihan bendungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tentunya area wisata akan lebih indah dan lestari tanpa keberadaan sampah.

Penulis:
Putri Satialhikmah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Mataram, Bendungan Desa Pandan Duri

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close