Penjabat Bupati Membuka Konvensi Peningkatan Kapasitas Puskesmas Lotim
Terjemahan

AmpenanNews. Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik membuka secara resmi pelaksanaan konvensi peningkatan kapasitas Puskesmas Lombok Timur, pada hari Kamis (9/11).

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Kantor Bupati tersebut selain dihadiri perwakilan 35 Puskesmas di Lombok Timur dihadiri pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan juri mutu nasional, serta Perwakilan Unicef Indonesia dan Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri yang hadir secara virtual.

Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut, Pj. Bupati selain menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri dan Unicef atas penyelenggaraan kegiatan tersebut, menyampaikan pula bahwa mutu merupakan sesuatu yang tidak terlihat sebagaimana pembangunan fisik. Disadari kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap mutu pelayanan terus mengalami peningkatan. Hal itu seiring perkembangan dan tingkat pendidikan masyarakat.

Baca Juga :  Dharma Pertiwi "J" Korcab NTB Bagi Masker dan Sosialisasi Protokol Covid-19

Karena itu Pj. Bupati meminta petugas Puskesmas tidak berhenti untuk berinovasi meningkatkan mutu pelayanan. Alasan itu pula dibutuhkan standar pelayanan. Ia mengingatkan 4K sebagai standar pelayanan publik di Lombok Timur yaitu Kecepatan, Ketepatan, Keramahan, dan Kenyamanan.

Sebelumnya, Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintah Daerah III Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri Hj. Erliani Budi Lestari dalam sambutannya mengingatkan peran penting Puskesma dalam upaya membantu percepatan berbagai program di bidang kesehatan seperti penuruna stunting, penanggulangan penyakit menular dan tidak menular, termasuk member perhatian kepada pelayanan Posyandu di wilayah kerja masing-masing.

Senada dengan Pj. Bupati, ia menekankan pentingnya inovasi untuk mempercepat, mempermudah, termasuk pula memangkas biaya dalam pelayanan. Ia menyebut banyak inovasi yang sudah dilakukan di berbagai wilayah yang dapat direplikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan maupun karakter masyarakat setempat. Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi juga menjadi bagian dari inovasi.

Baca Juga :  Almadani Lahirkan Huflaz Yang Tehnokrat Bersama Formasi NTB

Ia menyatakan bahwa konvensi yang digelar ini penting karena agendanya mencakup berbagai topik penting. Diharapkannya Puskesmas dapat berkompetisi secara positif seraya berharap keberlanjutan yang didukung pula pemerintah daerah sehingga bermanfaat pula bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Pemda Lombok Timur, Pemprov NTB, Unicef, dan Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bangda

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments