Halal Bihalal dan Pelepasan Jemaah Calon Haji Civitas Akademika Unram

AmpenanNews. Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Halal Bihalal dan Pelepasan Jemaah Calon Haji Civitas Akademika Unram yang dilaksanakan pada Senin (9/5) pagi di Gedung M. Yusuf Abubakar Unram.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D turut membuka acara Halalbihalal tersebut. Hadir pula dalam acara tersebut Ketua Senat, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, beberapa mantan Rektor, dan para Pejabat lainnya, serta Dosen di lingkup Unram.

Acara Halalbihalal itu diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Ustaz Abdul Wahab, S.Pd.I., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Unram yang sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Prof. Bambang menuturkan rasa syukurnya karena bisa berkumpul dengan seluruh civitas akademika Unram.

“Bahwa setelah kita berpuasa menahan nafsu dan dahaga, segala bentuk yang dilarang Allah SWT., mudah-mudahan ini bisa kita jadikan sebagai bagian dalam meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa,” ujar Prof. Bambang.

Beliau juga menyampaikan bahwa ujian selama satu bulan puasa ini tentunya akan digunakan untuk menyongsong masa berikutnya. “Sehingga mudah-mudahan kita lolos dalam ujian, tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT., tetapi terus melakukan hal yang diperintahkan oleh Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Rektor Unram itu juga berharap agar melalui ibadah puasa bulan Ramadan yang lalu, bisa membentuk kebiasaan para pejabat dan civitas akademika Unram.

“Kita jadikan sebagai kebiasan kita untuk melayani masyarakat, mahasiswa, dan civitas akademika. Memberikan yang terbaik kepada siapa saja, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa memberikan yang terbaik kepada manusia lainnya. Makna puasa, tempaan puasa menjadikan kita bisa meningkatkan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Dalam kegiatan Halalbihalal itu, Prof. Bambang juga mengajak para hadirin untuk mengenang dan mendoakan para Rektor Unram yang telah mendahului. Beliau juga turut menyampaikan permohonan maaf kepada para hadirin apabila terdapat kesalahan. “Semoga di pagi ini kita bisa saling memaafkan,” tutur Prof. Bambang.

Adapun para jemaah calon haji dari Unram yang akan berangkat, yaitu Drs. Akung Daeng, M.Si., dan istri; Dra. Masanah dan suami; dr. Arif Zuhan, Sp.B., dan istri; dr. Ima Arum Lestarini, M.Si., SpPk., dan suami; dan Dr. Suhayat Minardi, M.Si., dan istri.

Kegiatan yang juga dilangsungkan secara daring melalui Zoom dan live streaming Youtube juga diisi dengan tausiah uraian hikmah Halalbihalal oleh TGH. Zaenul Huda, LC., M.HI. Beliau menyampaikan pelajaran Ramadan yang pertama ialah sabar dan istiqamah.

“Orang yang imannya, ketaatannya semakin bertambah, itulah hari raya yang terbaik di sisi Allah SWT. Tanda kita sukses, pelajaran Ramadan, mampu kita bawa di luar bulan Ramadan,” ujarnya.

Acara Halalbihalal ini ditutup dengan bersalam-salaman antara semua hadirin dalam acara ini.

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close