Kunjungan Kerja Kasad ke Lombok Dianugerahi Gelar Kehormatan Prawireng Jayeng Bhuwane
Terjemahan

AmpenanNews. Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KASAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dianugerahi gelar adat sasak “Prawireng Jayeng Bhuwane” oleh H.Lalu Wiratmaja alias Mamiq Ngoh, Pengelingsir Majelis Adat Sasak (MAS) di Gumi Lombok, Pada hari Senin 21/2.

Penganugerahan gelar adat sasak kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., di kediaman HL. Wiratmaja, mantan Bupati Lombok Tengah sekaligus Pengelingsir atau Sesepuh Adat, bertemoat di Lingkungan Prapen Kelurahan Prapen Kecamatan Praya Lombok Tengah.

Dihadapan Kasad dan para tamu undangan yang hadir, sesepuh adat, HL. Wiratmaja, yang akrab disapa Mamiq Ngoh ini menyampaikan bahwa penganugerahan gelar tersebut dilatar belakangi karena butuh keamanan.

Baca Juga :  Empat Balon Rektor Unram Dorong Terwujudnya Unram Berdaya Saing Internasional

“Kami berikan gelar Perawireng Jayeng Bhuwane” ini yang artinya satria sakti mandra guna, yang mengayomi dan melindungi masyarakat di NKRI. Ini untuk menjaga wilayah, sebagai pemimpin,” ucapnya.

Perlu diketahui prosesi penganugerahan gelar kepada Kasad tersebut juga ditandai dengan pemakaian keris yang dilakukan Pengelingsir Adat Sasak HL. Wiratmaja.

Dalam kesempatan tersebut Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M menyampaikan rasa bangganya yang telah menjadi warga suku sasak ditandai dengan penganugerahan gelar adat sasak, dan ia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya.

“Ini pertama kali ini selama saya menjadi Kasad dan berkunjung di daerah diberi kehormatan dan dinobatkan sebagai warga kehormatan Suku Sasak dan ini bagi saya merupakan kebanggaan,” ucapnya.

Baca Juga :  Indeks Pembangunan Manusia Lombok Timur Menempati Posisi Delapan

Kasad juga berharap agar kepemimpinan Gubernur Dan Danrem 162/WB, Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST. saat ini, dapat membawa kesejahteraan dan keamanan yang kondusif di daerah NTB.

Kesempatan yang sama pula, Bupati Loteng HL. Pathul Bahri mengatakan bahwa HL. Wiratmaja ini adalah mantan Bupati Lombok Tengah dan juga sebagai orang tua.

“Beliau merupakan sesepuh yang menjadi batu pijakan bagi kami dimana banyak yang diwariskan seperti adanya bandara Internasional International Lombok dan KEK Mandalika yang kemudian saat ini dirasakan bagi kami,” ucapnya.

Pathul juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kasad di Lombok Tengah.

Selain itu, Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah mengatakan atas nama Pemerintah Propinsi NTB merasa bangga dan kehormatan karena Kasad sudah berkenan menjadi warga sasak, selain itu juga telah memberikan jabatan kepada Danrem 162/WB untuk menjadi bintang walaupun tidak bintang empat namun dapat menjadi inspirasi kepada pemuda dan warga NTB.

Baca Juga :  Akhirnya, Pemprov NTB Putuskan Kontrak Dengan PT. GTI

“Hari kami di Lombok berbahagia sekali menerima beliau sebagai warga sasak,” ucapnya.

Gubernur menyampaikan rasa terima kasih juga atas telah diberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada anak anak NTB untuk menjadi anggota dan perwira Angkatan Darat (AD).

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments