Danrem 162/WB Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Presiden RI

AmpenanNews. Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan VVIP kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam Apel Gelar Pasukan yang melibatkan personel TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Basarnas, BMKG serta stakeholder terkait di NTB tersebut berlangsung di Lapangan Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Lombok (BIL), Rabu (12/1/2022).

Dalam amanatnya Danrem 162/WB
menyampaikan, Presiden RI akan melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari di NTB. Pada Sabtu (13/1) tiba di BIZAM langsung meninjau kesiapan menghadapi gelaran event MotoGP 2022, selanjutnya pada Jumat (14/1) akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di kabupaten Sumbawa Barat.

Sebagai Komandan Satgas Pengamanan VVIP Wilayah Provinsi NTB, Ia menegaskan, Presiden RI serta rombongan harus diberikan pengamanan secara maksimal selama berada di NTB. Karena itu, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan yang disesuaikan dengan Prosedur Tetap (Protap) Pengamanan VVIP yang berlaku.

“Selain itu juga untuk memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang dilibatkan,” ujar Danrem 162/WB.

Untuk pengamanan seperti ini sudah sering dilaksanakan bersama, baik pada even nasional maupun internasional sebelumnya. Namun menurutnya, dalam setiap pengamanan VVIP harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru tanpa ada istilah rutinitas. Dimana, segala sesuatunya harus betul-betul disiapkan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan akhir kegiatan.

Dari semua unsur Satgas juga harus benar-benar memahami dan menguasai Protap pengamanan VVIP sesuai fungsi dan tanggung jawab masing-masing, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi yang maksimal dengan unsur pengamanan lainnya serta melaporkan perkembangan situasi dan hal-hal menonjol selama pelaksanaan tugas.

Operasi pengamanan VVIP ini juga akan selalu bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu, Alumni Akademi Militer 1988 tersebut menekankan kepada seluruh personel Satgas agar menjaga nama baik satuan dengan tetap menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Selama bertugas, tetap perhatikan faktor keamanan, jaga kesehatan serta selalu mengedepankan protokol kesehatan 3M untuk mencegah agar tidak terpapar Covid-19,” imbau Mamieq Rudy, panggilan akrab Lalu Rudy Irham Srigede.

Perlu diketahui, Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Ruslan Aspan, Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo, Danlanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam, Sekda NTB Lalu Gita Ariyadi, Kasrem 162/WB Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo, Kabasarnas Mataram NTB Nanang Sigit, Kepala BMKG BIZAM Cucu Kusmayanto dan GM BIZAM Nugrogo Jati.

Turut pula hadir, Asintel Kasdam IX/Udayana Kolonel Arm Sarkistan Sihalolo, Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf L. Habiburrahman, Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Dermawan Agus Irianto, Para Kasi Kasrem 162/WB, PJU Polda NTB, Dandim Se-Pulau Lombok dan Sekda Kabupaten Lombok Tengah serta undangan lainnya.

Untuk komposisi pasukan, terdiri dari 17 Subsatgas antara lain Subsatgas BIZAM, Sirkuit Mandalika, Kawasan Kuta Mandalika, Homestay Desa Gerupuk, Hotel Pullman dan Rumah makan Keker Mandalika, Novotel, Inconigto I, Inconigto II, Pam Route, Perairan, Intel, Komlek, Banmin, Walakir, Medis, Pam Tirai Mobile dan Pam Instalasi.

Selesai Apel Gelar Pasukan, dilanjutkan dengan Geladi Rangkai menyusuri beberapa ruas jalan yang akan dilalui hingga rencana pengamanan di tempat-tempat yang akan didatangi oleh Presiden RI serta rombongan.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close