Terjemahan

Mataram – Hj. Niken Saptarini Widyawati,M.Sc dilantik menjadi Ketua Umum Pita Putih Indonesia (PPI) Provinsi NTB masa bhakti 2021-2026, Sabtu 17 april 2021. Kehadiran PPI di NTB menambah semangat Pemerintah dalam mengatasi masalah kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan.

Ketua PPI NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati dalam kesempatannya menuturkan, dengan adanya PPI di NTB saat ini tentunya dapat membantu pemerintah dalam menuntaskan permasalahan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) sebagai salah satu tugas dari PPI.

“Di NTB, saat ini kita mengalami kenaikan di angka kematian bayi dan ibu meningkat di masa pandemi serta stunting, dengan adanya pita putih indonesia di NTB akan membantu penanganan masalah ini,” papar Hj. Niken.

Baca Juga :  Bunda Niken Minta LKKS Terus Dedikasikan Pengabdian dan Pelayanan

Bunda Niken, sapaan akrabnya menyampaikan, PPI NTB akan segera bekerja dan menjalin kemitraan dengan stakeholder terkait dalam rangka menjalankan program penuntasan AKI, AKB serta program-program lainnya.

Beberapa rencana kegiatan PPI NTB diantaranya, Pembentukan Organisasi PPI Kabupaten/Kota, Pelatihan Penguatan Kapasitas bagi Pengurus PPI, Pelatihan Kader Pemberdayaan Manusia (KPM).

Untuk kegiatan lapangan, PPI akan melakukan sosialisasi 6 perilaku cegah stunting diantaranya, bumil minum tablet tambah darah, mengikuti kelas bumil, asi eksklusif & PMBA(pemberian makan bayi dan anak), rutin kunjungi posyandu, CTPS(cuci tangan pakai sabun), menggunakan jamban sehat.

Sosialisasi  Kespro dan PUP bagi Remaja melalui Jalur Formal dan Non Formal juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan, Identifikasi faktor penghambat  percepatan penurunan stunting. Evaluasi Progres Pencapaian Penurunan Stunting di NTB serta Diseminasi Informasi PHBS, KIBLA, Imunisasi & Gizi bagi Perempuan.

Baca Juga :  Ajak Bantu UMKM, Ketua TP-PKK Serahkan Bantuan di KSB

Ketua PPI Pusat, Dr.Ir. Dra. Hj. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd menyambut baik rencana PPI NTB tersebut. Ia berharap PPI NTB menjadi garda terdepan dalam penanganan penuntasan AKI, AKB, dan stunting di NTB.

Subscribe
Notify of
guest

1 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
Iriani Burhan
Iriani Burhan
3 tahun lalu

Selamat dan sukses selalu atas dilantiknya Ibu Hj.Niken sebagai Ketua PPI Prov.NTB, serta jajaran pengurus lainnya semoga dapat meningkatkan derajat kesehatan Ibu, Bayi, Anak dan Remaja di NTB👍💪🧕