Terjemahan

AmpenanNews.. Ingin wujudkan internet desa pintar, Bupati Kabupaten Lombok Timur (Lotim), H.M. Sukiman Azmy, didampingi Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur, Rabu (27/01/2021), menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah dengan PT. Pelangi Surya Persada (PSP), tentang penyediaan layanan internet masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program pembangunan infrastruktur akses internet yang telah dilaksanakan pada tahun 2020, berupa pembangunan 28 tower dan 528 akses poin yang tersebar di 254 Kantor Desa dan Dusun di kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutannya, Bupati, menyampaikan tiga sasaran pokok yang harus dimanfaatkan dengan adanya perangkat lunak ini. Pertama, keberadaan perangkat lunak ini harus melancarkan hubungan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dan seluruh jajarannya dengan pemerintah di tingkat kecamatan, dan pemerintah di tingkat desa.

Baca Juga :  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Lotim

Bupati menginginkan terbentuknya satu jaringan komunikasi dimana program-program pemerintah dapat terjabarkan dengan baik.

Kedua, perangkat ini juga harus bisa dimanfaatkan oleh jaringan ekonomi masyarakat seperti promosi pariwisata, hasil pertanian, perkebunan, perikanan, kerajinan tangan, tujuannya agar dapat dikenal luas oleh masyarakat, utamanya, optimalisasi promosi UMKM di kabupaten Lombok Timur.

Promosi UMKM yang selama ini dinilai redup, akan tetapi nantinya dapat dihidupkan kembali melalui keberadaan akses internet.

Point ke Tiga, memfasilitasi aktifitas masyarakat secara sosial, ekonomi, politik, kemasyarakatan atau hukum agar bisa berjalan dengan baik.

Bupati merasa selama ini masyarakat belum bisa sepenuhnya mengakses kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Platform ini diharapkan mampu menjadi media yang menampung persoalan yang ada di masyarakat baik dari segi kesehatan, ekonomi maupun infrastruktur yang selama ini tidak terjangkau oleh pemerintah.

Baca Juga :  Lotim Akan Bentuk Posko Pengawasan Covid-19 Di Perbatasan

Kerjasama denngan PT. PSP ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, komisaris utama PT. PSP, Ferdinand Karel, mengklaim Lombok Timur merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang seluruh Desanya mengakses internet dengan presentase 100%. Menurutnya, presentase tersebut dapat tercapai dengan adanya komitmen pimpinan Daerah dalam melaksanakan program ini sampai selesai.

“Kemitraan dengan PT. PSP dalam penyediaan layanan internet ini merupakan perwujudan program Internet Desa Pintar” singkatnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments