Terjemahan

AmpenanNews. Kabupaten Lombok Timur ( Lotim ) dinilai mampu melakukan rehabilitasi daerah irigasi secara partisipatif sampai ke kelembagaan petani secara baik. Kondisi ini kemudian melatarbelakangi kunjungan belajar yang dilakukan Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). di Kabupaten Lombok Timur.

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas SDA Sumsel tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah atas nama Bupati Lombok Timur, Kamis (5/11) di Ruang Rapat Utama 1 Kantor Bupati Lotim.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik membacakan kata-kata penerimaan Bupati, ia menyampaikan kondisi dan upaya Pemda Kab. Lotim terkait rehabilitasi daerah irigasi.

” Irigasi menjadi salah satu perhatian Pemerintah, mengingat sebagian besar masyarakat daerah ini masih bergantung pada sektor pertanian. PDRB Lombok Timur juga 30 persennya masih berasal dari sektor pertanian.” Kata Sekda.

Baca Juga :  Kasi Haji Kemenag Lotim Imbau Agar Gunakan Travel Agent Berizin

Kembali Dijelaskan oleh Sekda H.Juaeni, infrastruktur pertanian menjadi fokus pemerintah di samping jalan dan air minum. Hal ini dibuktikan dengan dialokasikannya Rp.300 Miliar untuk tiga bidang infrastruktur tersebut melalui penganggaran Tahun jamak sejak 2019 hingga 2021 ini.

Selain bersumber dari APBD, rehabilitasi dan pembangunan irigasi juga memanfaatkan dana dari berbagai sumber termasuk dari World Bank melalui Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) dan Lombok Timur memperoleh dana sebesar Rp. 40 M.

Dengan dana tersebut telah berhasil melakukan rehabilitasi untuk saluran irigasi yang melayani lebih dari 1.300 Ha, dan pada tahun 2021 akan melakukan rehab terhadap saluran irigasi sepanjang 47.965,7 meter dan target areal layanan irigasi seluas 1.569 Ha.

Baca Juga :  Dishub Lotim Salurkan BLT Bagi Tukang Ojek, Sopir, Kusir Cidomo
Lombok Timur
Kunjungan belajar yang dilakukan Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). di Kabupaten Lombok Timur.

Sekda berharap kunjungan kerja ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas PSDA Sumsel Herwan.

Ia berharap, dengan kunjungan kerja hari ini Sumsel mendapatkan contoh-contoh terkait dengan kebijakan pengelolaan air secara partisipatif yang dilakukan di Lombok Timur guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerahnya.

Hal ini penting mengingat Sumsel merupakan daerah lumbung pangan nasional.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pertanian, Bappeda, dan Camat Sikur, serta Balai Wilayah Sungai Nusra 1.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments