Humas Unram
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Mataram ( Unram ) terus berupaya mengoptimalkan aset-asetnya, sehingga dapat mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ) Unram non UKT serta memberikan nilai tambah secara ekonomi.

Hal itu diungkapkan Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum. Ahad (18/10), saat secara resmi melakukan panen perdana ayam potong (ayam broiler), di Laboratorium PKP mahasiswa di Dusun Tojong-ojong Desa Selebung Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Prof Husni mengatakan, Laboratorium Praktek Kerja Peternakan (PKP) tersebut di bawah pengelolaan Badan Pengelola Usaha (BPU) Unram, dimana prospeknya sangat menjanjikan terlebih Unram memiliki para ahli di bidang tersebut.

“Ke depan juga akan kita kembangkan penggemukan sapi. Perikanan juga, terlebih lahan Unram di Lingsar juga sangat progresif jika dijadikan sebagai tempat budidaya ikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dandim Loteng Resmikan Ring Tinju Pertina Lombok Tengah

Karena nya, Rektor ke-9 Unram itu mendorong BPU terus mengembangkan unit-unit usaha potensial yang dimiliki. Pun segenap pimpinan lingkup Unram didorong agar melakukan berbagai terobosan, untuk berkreasi menghasilkan berbagai produk riset.

“Sehingga tidak hanya menghasilkan nilai tambah bagi para peneliti, namun juga bagi Prodi (Program Studi, red),” ujarnya.

Sementara Direktur Utama (Dirut) BPU Unram Prof. Dr. Ir. Muhammad Ichsan, M.S. mengatakan, laboratorium mahasiswa tersebut merupakan salah satu laboratorium praktek kerja, dari sekian banyak unit laboratorium yang ada di Unram.

Dimana selain menjalankan fungsi bisnis, laboratorium juga berguna untuk melaksanakan Program Praktek Kerja Lapangan (PKL), bagi mahasiswa dengan program studi (prodi) terkait.

Baca Juga :  "Taman Di Luar Angkasapun Ada Bunganya" Wakil Ketua DPRD Lotim

“Ini juga menjadi lab terapan untuk mendukung program merdeka belajar dan kampus merdeka itu,” tuturnya.

Guru Besar Ilmu Produksi Ternak Unggas yang akan purna tugas pada Desember 2020 mendatang itu, berharap laboratorium PKP tersebut dapat menjadi pelecut Unram untuk terus berkreasi, sehingga terus inovatif dan solutif menghadapi kebutuhan masyarakat dan menjawab tantangan zaman.

“Semoga ini bisa menjadi trigger (pemacu, red.), untuk menggerakkan bidang-bidang yang lain sesuai dengan prodi yang ada,” ucapnya.

Usman, S.Pd selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Selebung yang turut hadir dalam panen perdana tersebut, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi Unram sebagai promotor di bidang peternakan.

Dengan keberadaan laboratorium ayam potong Unram di daerahnya tersebut, pihaknya berharap Unram dan masyarakat dapat bersinergi dan saling menguntungkan.

Baca Juga :  Korem 162/WB Gelar Persami Praja Muda Karana, Saka Wira Kartika

“Seperti simbiosis mutualisme, saya berharap Unram dan masyarakat bisa bersinergi dan saling memberi kebermanfaatan satu sama lain,” katanya. Forta.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments