Kampung Sehat Polda NTB
Terjemahan

AmpenanNews. Tim pokja Lomba Kampung Sehat Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Labuapi Iptu Jahyadi Sibawaih S.H, dan jajaran, melakukan giat peninjaun peternak burung puyuh petelur milik warga bernama Iskandar asal Dusun Karang Bucu Desa Bagik Polak barat Kecamatan Labuapi, Sabtu (1/8/2020).

Iptu Jahyadi Sibawaih, SH mengatakan, dalam peternak burung puyuh petelur tersebut, Bapak Iskandar memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya yang kosong untuk dijadikan tempat penangkaran burung puyuh,

“ Jumlah burung puyuh ditangkar sebanyak 1500 ekor, yang di kelola secara mandiri yakni dengan melakukan pengembangbiakan serta penangkaran disekitar rumahnya.” Ucapnya.

Kapolsek Labuapi menjelaskan, bahwa peternak sekaligus pengembangbiakan burung puyuh petelur tersebut, telah di jalani oleh Iskandar sejak tahun 2018.

Baca Juga :  Ketua TP PKK, Sehat Fisik dan Mental serta Suara Anak Harus Didengar

“ Bapak Iskandar mulai sejak Bulan Mei Tahun 2018, mengembangkan usaha dengan melibatkan pekerja dari lingkungan keluarga sejumlah tiga orang.” Jelasnya.

Mulai dari 1500 ekor burung puyuh yang dimiliki Iskandar, dalam seharinya menghasilkan 360 butir telur dan dia jual kepada pengepul yang sudah menjadi langganan tetapnya, sedangkan sebagianya di jual ke Pasar Kediri.

“ Panen telur di lakukan setiap hari, menghasilkan sekitar 360 butir telur puyuh setiap harinya, penjualan telur puyuh di lakukan dengan cara pembeli datang langsung ke lokasi serta di pasarkan ke Pasar Kediri.” terangnya.

Perlu diketahui, dalam satu 1 trey berisi sekitar 90 butir telur, Iskandar menjualnya seharga Rp.28.000,- sedangkan untuk burung puyuh di jual per ekornya seharga Rp.10.000,-.

Baca Juga :  Lalu Lintas Polres Lombok Tengah Bagikan Masker dan Vitamin Gratis

Iskandar juga kini telah melakukan uji coba mengolah bekas kotoran burung puyuh menjadi pupuk kandang yang digunakan untuk penyubur tanaman secara organic.

“ Sementara uji terakhir hasil yakni untuk pohon dan daun terlihat subur, namun untuk buah masih belum menampakkan hasil karena membutuhkan komposisi yang tepat,”ucap Iskandar.

Kapolsek mengimbau dan memberikan Edukasi terkait kampung sehat dan penerapan protokol kesehatan covid 19, yakni selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktifitas, selalu menggunakan masker dan jaga jarak, untuk mencegah penyebaran Covid 19 di Wilayah Kabupaten Lombok barat khususnya dan NTB pada umumnya.

Disampaikan melalui siaran pers Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K.,M.Si. kepada media AN.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments