Bupati Apresiasi Gerakan Peduli Sosial Polri Peduli Covid-19


AmpenanNews – Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M Sukiman Azmy, memberikan apresiasi kepada Kapolres Kabupaten Lombok Timur, Bayangkari Cabang Lotim, TNI, Baznas dan Rekanan, atas terlaksananya “Gerakan Peduli Sosial Polri Peduli Covid-19” yang digelar di Simpang Empat BRI Selong, Selasa (21/4)

Menurut Sukiman, Kegiatan ini merupakan partisipasi Kapolres Kab Lotim terhadap masyarakat Kabupaten Lombok Timur dalam rangka mengatasi masalah ekonomi masyarakat dalam bentuk kegiatan pemberian Sembako atau program Jaring Pengan Sosial (JPS).

Selain itu lanjut Sukiman, saya juga dapat menginformasikan kepada masyarakat, bahwa Pemda Lombok timur juga akan memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat Lombok Timur, selama Tiga Bulan.

Pemberian bantuan yang dimaksud oleh Bupati, akan mulai disalurkan pada Bulan April, Mei hingga Juni. Dari hitungan pemda adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima sebanyak 387679 orang, dimana bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada seluruh Kepala Keluarga di Kab.Lotim. Adapun sumber bantuannya, pertama bersumber dari pusat berupa BPNT dan jumlah PKH sebanyak 137393 KK dan ini sudah menerima sejak lama.

“Dulu jumlah bantuan yang diberikan hanya 110 000. ribu Sekarang ditingkatkan menjadi 200.000/Kepala Keluarga”

Selain itu Kabupaten Lombok Timur juga mendapatkan bantuan BLT pusat Kementerian Sosial untuk 77300 kepal Keluarg (KK). Tidak cukup dengan itu, di intervensi juga oleh Pemerintah Provinsi dengan jumlah 37.578 KK. dengan demikian maka total masyarakat yang mendapatkan bantuan baik dari Pusat, Kementerian sosial dan dari Provinsi NTB itu sebanyak 277271 Kepala Keluarga.

Sementara sisa Kepala Keluarga yang sebanyak 11043, nantinya akan ditangani oleh Kabupaten Lombok Timur bersumber dari dua anggaran. Pertama dari Dana Desa (DD) sebanyak 57730 KK dan dari APBD Kab.Lotim sebanyak 52673 KK.

“Sehingga nantiny semua masyarakat akan mendapatkan bantuan selama Tiga Bulan kali indek Rp. 250.000 dari provinsi NTB dan Kabupaten. Sementara yang dari pusat besarannya Rp.600.000 setiap bulan selama Tiga Bulan sejak April, Mei dan Juni” ucapnya.

Terkait dengan apa yang di bagikan dalam kegiatan “Gerakan Peduli Sosial Polri Peduli Covid-19” saat ini kepada masyarakat itu diluar dari semua bantuan yang telah disebutkan

“Semua ini adalah partisipasi dari para relawan dari anggota TNI dan Polri, Rekanan dan Baznas, yang baru saja dihimpun serta jumlahnya tidak begitu banyak. Tetapi insya Allah akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kita. Dan insya Allah besok kita akan membagikan sebanyak 100 bungkus lagi dengan indeks per orang Rp.250.00 bagi masyarakat yang baru keluar dari asimilasi Rumah Tahanan Selong. Kita bagikan kepada mereka dan mengantarkannya kerumah mereka masing-masing melalui kantor camat sehingga mereka tidak perlu berhimpun seperti saat ini” jelasnya.

Untuk itu dalam sambutan akhirnya, Bupati menyampaikan, atas nama masyarakat Lotim Sukiman, menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI dan Polri dan lainnya yang telah peduli memberikan bantuan kepada masyarakat yang sedang terpuruk ekonominya pada saat ini.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close