Terjemahan

AmpenanNews. Pada dasarian II Desember 2019 umumnya sudah terjadi hujan di sebagian besar wilayah NTB dengan kategori rendah hingga menengah. Curah Hujan kategori menengah terjadi di sebagian besar Pulau Lombok, sebagian Sumbawa dan sebagian kecil Bima. Curah Hujan tertinggi tercatat di Pos Hujan Brang Rea sebesar 308 mm/dasarian. Sifat hujan pada dasarian II Desember 2019 cukup bervariasi. Di Pulau Lombok sifat hujan Atas Normal terdapat di sebagian kecil Lombok Barat, sebagian Lombok Tengah, Lombok Utara dan sebagian kecil Lombok Timur. Sifat Hujan Atas Normal di Pulau Sumbawa terdapat di sebagian Sumbawa, Bima dan Dompu, namun masih pula terdapat wilayah dengan sifat hujan Bawah Normal seperti sebagian besar Sumbawa Barat, Kota Bima dan sebagian Dompu.

Baca Juga :  Angka Perceraian Di Lombok Timur Masih Tinggi

Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya dalam kategori Pendek (1-5 hari) sampai terjadi hujan hingga tanggal updating. Namun terdapat pula wilayah yang memiliki HTH dengan kategori Kekeringan Ekstrem (>60 hari). HTH terpanjang dan masuk dalam kategori Kekeringan Ekstrem (60 hari) terpantau di Pos Hujan Sape, Kabupaten Bima sepanjang 234 hari.

Sedangkan Kondisi Dinamika Atmotsfer
hingga saat ini ENSO masih berada pada kondisi Netral, sementara itu kondisi Suhu Muka Laut di sekitar perairan NTB masih menunjukan kondisi normal. Analisis angin menunjukkan masih di dominasi angin timuran di wilayah Indonesia terutama di selatan ekuator. Pergerakan Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini mulai aktif di wilayah Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan meningkatnya potensi hujan di wilayah NTB. Peningkatan curah hujan juga bisa didukung oleh faktor topografi dan kondisi lokal masing-masing wilayah.

Baca Juga :  Awal Bulan Februari Penyuluh Agama Non PNS Dipastikan Terima SK
Dasarian lll Desember 2019

Peluang terjadinya hujan pada dasarian III Desember 2019 sangat tinggi, dengan peluang terjadi hujan >20 dan >50 mm/dasarian sebesar 10 – 40 %, peluang terjadi hujan >100 mm/dasarian sebesar 20 – 90% serta peluang terjadinya hujan >150 mm/dasarian sebesar 50 – >90% hampir di seluruh wilayah NTB.

Peringatan Dini Hujan Ekstrem Provinsi NTB Update 20 Desember 2019
Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat dalam durasi singkat dengan atau tidak disertai angin kencang terjadi di wilayah ZOM yang memasuki musim hujan pada Dasarian III Desember.

Dengan kondisi yang telah memasuki musim hujan hampir di seluruh wilayah NTB, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati – hati terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat, angin kencang, angin puting beliung dan tanah longsor.
Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar beradaptasi dengan masa-masa peralihan musim yang identik dengan turunnya hujan dengan intensitas lebat seperti yang belakangan ini terjadi di beberapa wilayah NTB.

Baca Juga :  Peristiwa Budaya dalam Pilkada 2020 Lombok Tengah

Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat. Anr.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments