Latihan Dasar dan Prajabatan CPNS Lombok Barat Di Ikuti 204 Peserta

AmpenanNews, Giri Menang – Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Lombok Barat yang berjumlah 204 orang menerima arahan dari Bupati H. Fauzan Khalid. Bupati menyebut, para CPNS harus menanamkan loyalitas untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“PNS itu juga disebut abdi negara, maka loyalitas mutlak kalian adalah kepada bangsa dan negara. Kalian adalah orang-orang yang terpilih untuk ikut secara lansung menjaga negara ini,” tegas Fauzan dalam Pembukaan Pelatihan Dasar dan Prajabatan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (04/07).

Latihan dasar dan prajabatan CPNS sendiri wajib dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan suatu proses untuk meningkatkan status dari calon pegawai menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKDPSDM) Provinsi NTB Tri Budiprayitno yang turut hadir dalam acara itu optimis dengan potensi yang ada dalam diri CPNS tahun ini. Sebagai CPNS era millenial, mereka diharapkan dapat bersaing di era digitalisasi ini.

“Adik-adik CPNS sekarang ini adalah CPNS millenial atau kekinian yang memiliki kompetensi yang sangat handal. Mereka ini dari sisi penguasaan teknologi dan wawasan canggih-canggih tapi masih tetap harus dipoles,” ujarnya.

Para CPNS yang terdiri dari 179 CPNS baru dan 25 calon yang diangkat dari tenaga honorer (K2) ini akan melaksanakan latihan dasar dan prajabatan di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB mulai 10 Juli mendatang.

Kedua kelompok CPNS ini akan melalui proses pelatihan yang berbeda. Untuk CPNS baru dari formasi umum akan melalui latihan dasar selama 51 hari, dengan rincian 18 hari tatap muka di kelas, 30 hari ke kantor atau unit kerja masing-masing dan 3 hari untuk seminar. Sementara prajabatan diperuntukkan untuk CPNS yang berasal dari K2 hanya akan berlangsung selama 6 hari.

Bagikan :

avatar

Baca Juga :

Close