California Mangnitude 7,1

Ampenan News. Yang Pertama 6,4 Mangnitude kini kembali kini Gempa besar kembali mengguncang California Selatan, Amerika Serikat (AS), Sabtu (6/7/2019) WIB. Gempa kali ini bermagnitudo 7,1 dan berlangsung selama 41 detik.

Dalam Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa terjadi di kedalaman dangkal, yakni kurang dari satu kilometer.

Sampai saat ini belum ada laporan langsung tentang korban jiwa atau kerusakan. Para netizen lokal telah berbagi rekaman yang memperlihatkan apartemen di California terkena dampak guncangan kuat.

Sebelumnya salah satu Profesor Amerika datang ke Lombok yang membuat masyarakat jadi resah dengan beberapa prediksinnya terkait Megathrust Selatan Lombok.

Seperti Perkiraan akan terjadi Gempa Bumi berkekuatan minimal 9,0 Magnitudo akan terjadi di wilayah Lombok bagian selatan. Hal itu disampaikan oleh peneliti gempa asal Amerika, Prof Ron Harris, saat seminar increasing and strenghtening the ability of local population and government agencies to prepared disaster, di Universitas Nahdatul Ulama NTB, Mataram Kamis (4/7) yang dilansir oleh beberapa media.

Profesor Ahli geologi dari Brigham Young University (BYU) Amerika itu menjelaskan, potensi terhadap gempa trust minimal 9,0 Magnitudo akan terjadi di laut selatan Lombok. Gempa itu berasal dari pulau jawa, kalau pun demikian, belum diketahui lokasi apakah Lombok, Bali atau Jawa bagian timur.

Profesor Rolland menyampaikan “Yang jelas Lombok terdampak tsunami 3 – 4 kilometer tepat pinggir pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok. Tsunami ini pernah terjadi ratusan tahun lalu kalaupun jangkauan pendek, kini diperkirakan terjadi lagi,” katanya.

Profesor Ron Haris mengaku, hal ini bisa diketahuinya berdasarkan penelitian dengan menggunakan beberapa metode riset, sesmigep. Dimana, lokasi yang pernah dilanda gempa kemungkinan tetap terjadi gempa namun skala kecil.

Akan tetap Profesor Ron Harris belum kita dapatkan pernyataannya untuk memperingati penduduk wilayah California Sekatan Amerika Serikat sebelum terjadinya gempa. AL007.

Bagikan :

avatar

Baca Juga :

Close