Pj Bupati Mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah
Terjemahan

AmpenanNews. Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dipimpin Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir. Pj. Bupati mengikuti Rakor yang berlangsung Senin (25/3) tersebut secara virtual.

Irjen Kemendagri mengimbau agar seluruh pemerintah daerah segera melakukan enam upaya konkrit dalam penanganan inflasi daerah. Keenam upaya tersebut adalah melakukan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT dan dukungan transportasi dari APBD. 214 pemerintah daerah belum sama sekali melakukan upaya konkrit tersebut. Ia berharap Pemda bersama Forkopimda untuk aktif dan bahu membahu melaksanakan upaya tersebut kemudian segera melaporkannya.

Baca Juga :  Bupati Lotim Ingatkan agar tidak membiarkan perkawinan usia dini

Pemda Lombok Timur menjadi satu dari 64 Pemda yang telah melaksanakan lima dari enam upaya penanganan inflasi. Dijelaskan Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik upaya tersebut berhasil menurunkan harga sejumlah kebutuhan pokok yang sebelumnya melambung. Empat komoditas yaitu telur ayam ras, daging sapi, dan cabai serta minyak goreng masih mendapat perhatian serius.

Berdasarkan pemantauan harga SP2KP pada pekan ketiga Maret cenderung stabil jika dibandingkan pekan sebelumnya. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, diantaranya telur ayam ras naik sebesar 5,73% di 296 kabupaten/kota, daging ayam ras naik sebesar 3,89 % di 271 kabupaten/kota, minyak goreng naik sebesar 0,29 % di 262 kabupaten/kota, dan beras naik sebesar 3,02 % di 267 kabupaten/kota.

Baca Juga :  Pelantikan Ketua dan 80 Pengurus DPD KNPI Kabupaten Lombok Timur

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Puji Ismartini mengingatkan komoditas tersebut harus diwaspadai pada Ramadhan hingga Idul Fitri mendatang

Rakor tersebut diikuti pula oleh seluruh kepala daerah, dan forkpimda se- Indonesia.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments