Cek Fakta: Anies Baswedan Sebut Ada 171 Kecamatan di 8 Provinsi Belum Miliki Puskesmas
Terjemahan

AmpenanNews. Anies Baswedan sebut ada 171 Kecamatan di 8 Provinsi belum memiliki Puskesmas.

” Kita banyak memberikan perhatian pada aspek kuratifnya. Itu memang betul. Tapi jangan lupa aspek preventifnya. Dan ketika bicara aspek kuratif itu ada dua. Satu adalah soft infrastructure, itu tadi tenaga medisnya. Yang kedua, hard infrastructurenya. Apa itu? Misalnya nih 15 dari 38 provinsi belum memiliki rumah sakit kelas A. Ini harus dibangun. Kemudian 171 kecamatan di 8 propinsi ini belum memiliki puskesmas. Jadi kita harus memikirkan dua-duanya,” kata Anies 04/02/24.

Cekfaktanya

Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia bersama koalisi Cek Fakta serta panel ahli, menemukan bahwa pernyataan yang disampaikan Anies Baswedan bisa ditelusuri sebagai berikut.

Baca Juga :  Cek Fakta: Penyakit Stroke dan Jantung Jadi Penyebab Utama Kematian di Indonesia

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir, dalam pramuktamar pertama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) secara virtual yang diikuti dari YouTube MEDI Official di Jakarta, Kamis (20/1/2022), mengatakan sebanyak 171 wilayah kecamatan di Indonesia hingga saat ini belum dilengkapi fasilitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) akibat pengaruh pemekaran wilayah.

“Yang paling banyak di Papua. Dulu sebenarnya satu kecamatan sudah punya satu puskesmas, karena adanya pemekaran wilayah dari satu kecamatan menjadi tiga bahkan empat kecamatan, maka sekarang tidak ada puskesmasnya,”kata Abdul Kadir.

Pada tahun 2022, Pemerintah telah merencanakan pembangunan 67 Puskesmas baru pada tahun ini untuk menutup kekurangan tersebut. “Paling banyak kita bangun di Papua,” katanya.

Baca Juga :  [KLARIFIKASI] Video Anies-Muhaimin Ucapkan Selamat ke Prabowo Tidak Terkait Pilpres

Kemenkes menargetkan seluruh kecamatan di Indonesia akan memenuhi fasilitas Puskesmas minimal satu unit.
Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2654833/kemenkes-171-kecamatan-di-indonesia-belum-punya-puskesmas

Pernyataan Anies Baswedan dalam debat Pilpres 2024 tentang ada 171 kecamatan di 8 provinsi belum miliki Puskemas. benar.

Data dari Kemenkes RI Tahun 2022. sebanyak 171 wilayah kecamatan di Indonesia hingga saat ini belum dilengkapi fasilitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) akibat pengaruh pemekaran wilayah di Papua.

Sumber : https://cekfakta.com/focus/15841

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments