Lalu Iqbal Terpilih Jadi Ketum Asosiasi Diplomat Indonesia
Terjemahan

AmpenanNews. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Diplomat Indonesia. Lalu Iqbal menjadi Ketum Asosiasi Diplomat pertama sejak secara resmi berdiri, Kamis (21/12/2023) kemarin.

Kesempatan itu, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury dalam sambutan di Kongres tersebut mengatakan pendirian asosiasi tersebut ditetapkan melalui Kongres Pertama Organisasi Profesi Diplomat yang berlangsung di Aula Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat.

Dalam kongres tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri, pejabat eselon 1 dan 2 Kementerian Luar Negeri, serta Pejabat Fungsional Diplomat secara luring maupun daring.

” Eksistensi serta kontribusi para diplomat dalam memperjuangkan kepentingan nasional sebelum kemerdekaan, di awal kemerdekaan dan saat ini sangat membanggakan,” kata Pahala.

Baca Juga :  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny : Tidak Terjadi Black Out Total

Pahala juga menyampaikan bahwa dengan terbentuknya Asosiasi Diplomat Indonesia tersebut bisa mendorong peningkatan kompetensi serta profesionalitas diplomat Indonesia.

Dalam pembentukan asosiasi tersebut menyepakati Lalu Muhamad Iqbal sebagai Ketua Umum pertamanya. Mantan Duta Besar RI untuk Turki yang merupakan putera asli Lombok, NTB.

” Lalu Iqbal ini terpilih secara aklamasi oleh sekitar 950 diplomat yang hadir,” katanya

Lalu Iqbal mengaku bahwa pembentukan Asosiasi Diplomat Indonesia tersebut merupakan mimpi lama para diplomat di Indonesia.

“ Ini mimpi lama kami para diplomat. Lebih dari 15 tahun kami menjajaki pendirian asosiasi ini, tapi baru hari ini benar-benar terwujud,” ujarnya.

Iqbal mengaku dengan adanya asosiasi tersebut para Diplomat bisa menjadikan rumah dan atap bersama.

Baca Juga :  Humas Protokol NTB Lounching PRCC

” Ini kehormatan buat saya menjadi Ketua Pertama asosiasi ini,” ujar Lalu Iqbal.

Untuk diketahui saat ini terdapat sekitar 1.860 diplomat Indonesia yang tersebar di Kementerian Luar Negeri di seluruh dunia. Semua Diplomat tersebut mewakili Indonesia di 132 negara di 5 benua.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments