Lombok Timur Dikunjungi 70 Orang Peserta Blue Food Forum
Terjemahan

AmpenanNews. Lombok Timur dikunjungi peserta blue food forum sebanyak 70 orang yang berkunjung ke Kawasan Selatan. Kunjungan ke desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru itu disambut Asisten bidang perekonomian dan pembangunan, kepala Bappeda, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Untuk kunjungan dilaksanakan setelah sehari sebelumnya forum dibuka Pj. Gubernur NTB di Mandalika. Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik hadir pada forum yang juga dihadiri tidak hanya pemerintah pusat dan daerah tetapi juga akademisi, NGO, pihak swasta, dan masyarakat sipil.

NTB, khususnya Lombok Timur dipilih sebagai percontohan (pilot project) pengembangan Blue Food (pangan biru) atau makanan yang bersumber dari laut. Potensi rumput laut menjadi salah satu yang rencananya dikembangkan di areal seluas 100 hektare di kawasan Teluk Ekas.

Baca Juga :  Inovasi Pemkab Lotim Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Sehingga terkait hal itu para peserta melihat secara langsung proses budidaya yang dilakukan para petani rumput laut di kawasan Teluk Ekas. Budidaya masih dilakukan secara tradisional.

Bukan hanya melihat proses budidaya, para peserta forum juga berdialog dengan para petani yang sempat mengeluhkan hama yang kadang muncul. Kendati demikian mereka mengaku budidaya rumput laut tidak sesulit pekerjaan nelayan lainnya seperti menangkap ikan. Budidaya rumput laut juga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari muda, tua, laki-laki ataupun perempuan.

Kebutuhan pasar yang terus meningkat, budidaya rumput laut juga menyerap banyak tenaga kerja.

Kemudian pilot project yang dikembangkan nantinya akan melihat sejauh mana rumput laut dapat diantaranya memperbaiki ekonomi masyarakat pesisir, serta sejumlah target SDG`s, kontribusi terhadap ekonomi nasional, termasuk keberlangsungan lingkungan hidup.

Baca Juga :  Satuan Reskrum Polres Lotim Amankam 103 Pelaku Curat, Curas dan Curanmor

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments