Program Internasionalisasi UIN Mataram, Rektor Hadir Merealisasi MoU di Universiti Utara Malaysia
Terjemahan

AmpenanNews. Program internasionalisasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah menjalin kerjasama program akademik double degree dengan Universiti Utara Malaysia (UUM). Kerjasama tersebut ditandai dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak, masing-masing Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir MAg dan Rektor UUM Prof Dr Mohd Fo’ad Sakdan di Grand Mercure Harmoni Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Dalam rangka menindak lanjuti MoU tersebut pada hari Selasa, (8/8/2023) Rektor UIN Mataram tiba di kampus Universiti Utara Malaysia (UUM) Sintok dengan disambut Rektor UUM Prof. Dr, Mohd Fo’ad Sakdan. Bertempat di kantor kerja Rektor UUM kedua Rektor yang didampingi Prof Madya Dr Mohd Khairie Ahmad Dekan SMMTC, Prof. Dr, H. Fahrurrozi, M.A dan Prof. Mohamad Abdun Nasir, M.A., Ph.D., membahas tatacara pelaksanaan Memorandum Persetujuan (MoA) doubele degree Pascasarjana UUM-UIN Mataram, dan perbincangan kelanjutan kerjasama penelitian dan penerbitan.

Baca Juga :  Jalasenastri Cabang 2 Korcab VI DJA II Manfaatkan Lahan KosongI

Prof. Dr. Mohd. Fo’ad Sakdan Rektor UUM menyampaikan bahwa pihak UMM menyambut sangat baik kedatangan UIN Mataram dalam rangka mewujudkan program kerja sama international academic and social service saat ini.

“semua kerjasama yang dirancang bersama UIN Mataram sangat menarik dan strategis karenanya mesti direalisasi dalam rangka kemajuan kedua institusi, UMM dan UIN Mataram,” ungkapnya.

Senada yang disampaikan Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir, M.Ag., Rektor UIN Mataram bahwa kegiatan ini membawa nama baik UIN Mataram di UUM dengan menambah rekognisi internasional. Terlebih kita memiliki komitmen untuk menjadi UIN Mataram kelas internasional (world class university) dan memperluas jaringan internasional (networking) terus meningkatkan kerjasama, kolaborasi dan membangun kemitraan dengan berbagai kampus di luar negeri termasuk UMM ini yang diketahui kaya akan prestasi dan reputasi internasional.

Baca Juga :  Wagub NTB, Generasi Muda Harus Cinta Al-Qur'an

” Kita butuh terobosan program internasional seperti yang dilaksanakan Pascasarjana UIN Mataram saat ini,” kata Rektor.

Selanjutnya untuk memperkuat kegiatan internasional tersebut Rektor UIN Mataram diajak berkeliling melihat persekitaran Restoran Tasik, Taman Rusa, Pusat Sukan UUM, Varsity Mall, Welcome Centre dan Litar Go-kart. UUM memiliki luas tanah 2 Ha dengan dibangun fasilitas usaha seperti perhotelan dan usha UUM lainnya.

Selain itu menegok berbagai kegiatan kemahasiswaan dan organisasi mahasiswa serta pengembangan bakat dan minat mahasiswa di lingkungan UUM. Dan Bapak Rektor UIN Mataram berkesempatan memberikan motifasi kepada mahasiswa UMM yang berasal dari Indonesia karena tidak kurang dari 600-an mahasiswa Indonesia yang berkuliah di UUM.

Baca Juga :  Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana KKN Tematik Unram

Kegiatan internasional tersebut banyak memberikan pencerahan untuk UIN Mataram beberapa hasil konkret yang sangat strategis menjadi oleh-oleh akademik dalam pengembangan pengelolaan lembaga, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments