Korem 162/WB Bersama Komunitas Selam Gili Trawangan Tanam Terumbu Karang dan Parade Bendera
Terjemahan

AmpenanNews. Danrem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti, dan sekitar 20 penyelam dari Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti dan komunitas selam di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pimpin langsung kegiatan penanaman terumbu karang dan parade bendera di perairan Gili Trawangan pada hari Jumat, 18/08.

Penanaman terumbu karang dan parade bendera bawah laut ini diinisiasi oleh Danrem 162/WB, dengan tujuan untuk selain memeriahkan perayaan kemerdekan ke – 78 Republik Indionesia juga sebagai wujud rasa turut serta bertanggung jawab atas kelestarian alam khususnya alam bawah laut yang telah diakui dunia akan keindahannya.

Penanaman terumbu karang dilakukan di pagi hari dengan di Halik Reef, lokasi dive site di utara Gili Trawangan, kemudian parade bendera bawah laut di lokasi Shallow Turbo antara Gili Trawangan dan Gili Meno dengan dua kali penyelaman.

Baca Juga :  Sidang Parade Sub Panda Calon Taruna Akmil Tahun 2022

Brigjen TNI Agus menyampaikan, inisiatifnya melakukan penanaman terumbu karang bukan kontribusi besar. Namun dengan kegiatan itu, ia mengajak seluruh masyarakat, dan para penyelam khususnya, untuk turut menjaga dan melestarikan ekosistem laut di perairan Indonesia.

“ memang tidak besar kontribusi yang kami lakukan, tapi kami mengajak seluruh masyarakat, dan (terutama) penyelam, marilah kita pelihara, kita lestarikan alam, kita tanam terumbu karang dan kita bisa menjaga ekosistem laut dengan baik,” himbau Jenderal kelahiran kota kembang Bandung.

Manager Laguna Dive Center Wenie Bokang, juga menyampaikan bahwa disini coralnya banyak yang mati.

” barangkali dugaan saya, mungkin zaman dulu orang-orang datang ke sini cari ikan pake bom, jadi (terumbu karang) banyak yang mati dan coral itu pertumbuhannya lama sekali,” ujarnya.

Baca Juga :  Dandim 1628/KSB, Harap Latihan Diaplikasikan Saat Bertugas

Ada hal yang menarik pada kegiatan tersebut yaitu dengan adanya dua orang penyelam asing juga diajak untuk turut berpartisipasi dalam parade bendera merah putih di dalam air, seperti Julia, wisatawan asal Italia.

Julia mengungkapkan kegembiraannya diajak serta berpartisipasi merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78 di bawah laut.

“Ini pengalaman yang sungguh luar biasa! Terima kasih untuk semua, Indonesia!,” ujarnya tersenyum. ( Penrem 162/WB ).

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments