Penanggulangan Kebakaran Kapal MT Kristin Polda NTB Olah TKP
Terjemahan

AmpenanNews Penanggulangan musibah kebakaran kapal muat BBM MT Kristin Surabaya yang terjadi di lepas Pantai Ampenan Lombok (26/03/2023), Polda NTB terus berupaya melakukan Langkah-langkah penyelamatan korban hingga Olah TKP guna mencari penyebab kebakaran.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Lalu. Muhammad Iwan Mahardan menjelaskan langkah – langkah yang telah dilakukan dalam penanganan kebakaran kapal pengangkut BBM tersebut.

Kabid Humas menjelaskan, langkah yang dilakukan Biddokkes Polda NTB pada penemuan jenazah kapal terbakar yaitu melaksanakan fase pertama DVI, tim awal yang datang ke TKP menemukan korban hidup 14 orang kemudian langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan untuk korban meninggal dilakukan evakuasi dari kapal.

Baca Juga :  Brimob POLDA NTB Bersinergi Dengan TNI 162 Wira Bhakti, Menyiapkan 750 Porsi Makanan Siap Saji Untuk Sahur

Setelah nelaksanakan Fase kedua proses DVI yaitu dilakukan pemeriksaan luar dan dalam, guna mengidentifikasi jenazah korban meninggal .

dilanjukan melakukan fase tiga DVI dengan membuka posko DVI untuk mengumpulkan data ante mortem dari ABK yang selamat, serta dilakukan juga usaha mencari identitas korban untuk mencari keluarga korban.

Pada saat melaksanakan fase empat DVI dengan melakukan koordinasi dengan Pusdokkes Polri untuk mendapatkan petunjuk apakah perlu atau tidak dilakukan pemeriksaan DNA jenazah guna menentukan kepastian identitas korban yang meninggal dunia.

Dit Polairud Polda NTB akan melakukan lidik untuk menemukan ada atau tidaknya tindak pidana dalam kasus kebakaran kapal tersebut serta sebab-sebab terjadinya kebakaran.

Baca Juga :  Ditlantas Polda NTB Dapat Bantuan Kendaraan Dari Korlantas Polri

“Kami masih menunggu hasil dari seluruh tim yang saat ini masih bekerja menangani Kapal yang terbakar di Lepas Pantai Ampenan Lombok tersebut,”pungkasnya.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran Direktur Kriminal Umum Polda NTB mengatakan harus menunggu hasil Labfor sebab dari labfor itu akan dapat membuktikan penyebab dari kebaran tersebut karena dari Labfor itulah ahlinya akan dapat menerangkan penyebab dari kebakaran tersebut.

Sebelumnya, warga masyarakat ampenan sempat dibuat panik dengan kejadian kebakaran kapal MT Kristin Surabaya tersebut dikarenakan sebelum terbakar lebih dahulu terdengar suara ledakan yang sangat dahsyat yang terjadi diperkirakan pada pukul 14.00 wita, terutama warga di pinggir pantai ampenan.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments