Bupati Hadiri Apel Deklarasi Pilkades Damai 2023 di Mapolres Lotim
Terjemahan

AmpenanNews. Deteksi dini Masalah-masalah yang dikhawatirkan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Apel deklarasi Pilkades damai 2023 digelar di Mapolres Lotim.

Kegiatan Apel tersebut dihadiri Forkopimda dan pimpinan OPD dan seluruh calon kepala desa.

Dalam kesempatan tersebut bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, menyampaikan delapan hal yang harus diperhatikan.

Pertama, ditekankannya untuk mencegah pendukung-pendukung fanatik di desa.  Dikhawatirkan Bupati para pendukung tersebut berbuat sesuatu yang berlebihan untuk memenangkan calon mereka. Berikutnya adalah kampanye hitam. Menurutnya kampanye yang disebarkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab, termasuk melalui media sosial berdampak terhadap pola pikir dan pilihan masyarakat.

Netralitas juga menjadi penenkanan Bupati, utamanya bagi penyelenggara. Panitia pemilihan di tingkat desa dinilai sudah teruji akuntabilitas dan kapabilitasnya.

Baca Juga :  Bupati Lotim Pimpin Rapat Penataan Pasar Wisata Kuliner

Ia berharap pihak lainnya seperti perangkat desa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan netral.

Bupati juga menyoroti politik uang. Menurutnya, saat ini politik uang terjadi dimana-mana. Ia berharap para calon berpikir rasional, ” boleh memberikan sesuatu seperti bansos kepada seseorang, tetapi berlebihan itu tidak baik,” pesannya.

Perjuadian tidak ketinggalan pula menjadi sorotan. Bupati meminta jajaran Kapolsek, Polmas, Babinsa serta para petugas yang ada di lapangan diharapkan mengantisipasi kejadian tersebut.

Ia tidak ingin orang-orang yang terlibat dalam perjudian tersebut justru memberikan pengaruh terhadap hasil Pilkades nantinya.

Mobilisasi pemilih dari luar desa atau dari dusun pun diingatkan Bupati dapat diantisipasi, “kadang-kadang ada oknum-oknum tertentu yang mengarahkan masa dari desa lain dan juga ikut mencoblos di desa itu karena menginginkan kemenangan kepada calon-calon tertentu,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Lotim Harapkan Kades Kembangkan Potensi Wisata Desa

Bupati berharap panitia penyelenggara, termasuk panitia tingkat kabupaten, calon Kades, petugas keamanan, dapat melaksanakan tugas secara akuntabel dan sesuai regulasi sehingga pelaksanaan Pilkades serentak di Lombok Timur dapat berjalan dengan aman dan damai, sebagaimana yang telah dideklarasikan.

Bupati juga mengingatkan pentingnya pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam upaya tersebut.

Sementara itu Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono, pada kesempatan itu menegaskan komitmen pihaknya mengawal Pilkades serentak tersebut agar berjalan aman dan sukses.

Komitmen sama juga ditegaskan Kasdim 1615/ Lombok Timur Mayor Inf. Lalu Muhammad Syukur, ia juga mengajak semua pihak menyukseskan Pilkades serentak ini. Diharapkannya pula masyarakat di 53 desa yang mengikuti Pilkades ini dapat menyalurkan hak pilihnya.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments