Mahasiswa KKN Tematik Unram Lakukan Penanaman dan Pembagian Bibit Pohon di Desa Kalijaga Selatan
Terjemahan

AmpenanNews. Sebagai salah satu upaya dalam menjaga keasrian alam dan juga menjaga lingkungan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (UNRAM) Desa Klijaga Selatan, melakukan penanaman dan pembagian bibt pohon kepada masyarakat di Desa Kalijaga Selatan, Lombok Timur.

Selain menanam Pohon dan membagikan bibtit pohon buah dan juga memberikan edukasi pada masyarakat akan pentingnya pohon dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini Kami lakukan selama 2 (dua hari) mulai dari Hari Selasa sampai hari Rabu,” sebut koordinator KKN Tematik Unram di Desa Kalijaga Rohul Iman (01/02/2023).

Rohul juga menyampaikan bahwa Desa Kalijaga Selatan ini, merupakan salah satu desa yang memliki daerah yang subur sehingga sebagian besar masyrakat memiliki mata pencaharian sebagai petani . oleh karena kondisi itu, ia bersama rekan-rekannya kemudian berinisiasi dan berdiskusi dengan tokoh lintas sectoral.

Baca Juga :  Petani NTB Pahlawan Ketersediaan Pangan Saat Pendemi Merajalela

“kegiatan ini merupakan hasil dari diskusi panjang dengan pemuda, tokoh masyarakat serta kepala wilayah yang prihatin karena minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga jebersihan lingkungan.pohon,” rutur Rohul.

Tujuan utama dari kegiatan ini bukan hanya untuk mengajak masayarakat setempat mau ikut serta menanam tetapi juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat alam termasuk pohon-pohon yang sudah ditanam.

Masih kata Rohul, Jenis tanaman yang ditanam berupa pohom keras dan juga buah-bauahan sehingga nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi masyrakat. Masyarakat setempat mendukung penuh kegiatan ini yang terlihat dengan partisifasi aktif yang diberikan oleh Pemuda, Kepala Wilayah dan turut membantu suksesnya kegiatan ini, tentu saja ini merupakan angin segar yang didapatkan dari jerih payah yang telah diusahakan oleh kelompok KKN karena sebelumnya mereka terlebih dahulu menyiapkan bibit dengan cara mengajukan permohonannya ke BPDAS Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berlokasi di Kota Mataram.

Baca Juga :  Universitas Mataram Tegas Terapkan Sanksi Terhadap Dosen Pelanggar Kode Etik

“Setelah kegiatan penenaman selesai, kami selanjutnya memberikan edukasi agar masyarakat memiliki kesepemahaman akan pentingnya menjaga dan merawat pohon-pohon yang telah ditanam untuk menjaga kehidupan,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kalijaga Selatan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Unram, oleh karenanya ia berharap kegiatannya bisa menjadi stimulus awal bagi warga Desa untuk lebih peduli lagi terhadap pentingnya kegiatan penanaman.

“Bila perlu kegiatan ini kita lakukan secara rutin tidak hanya penananam tetapi juga bersih-bersih sehingga desa Kalijaga Selatan terbebas dari sampah,”ungkapnya (Hasbunallah).

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments