Mahasiswa KKN-T Unram Bagikan 1.500 Bibit Tanaman Produktif di Desa Pengadangan

AmpenanNews. Mahasiswa Universitas Mataram melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) periode 20 Desember 2022 sampai dengan 10 Februari 2023 di Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. Kelompok KKN Desa Pengadangan mengusung tema Desa wisata dengan judul “Pemberdayaan Budaya dan Lingkungan sebagai Penunjang Pariwisata di Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur”. Salah satu program kerja yang sudah dilaksanakan sebagai wujud aksi nyata mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat adalah penanaman dan pembagian 1.500 bibit tanaman produktif, diantaranya bibit Durian, Nangka, dan Srikaya.

“Pembagian 1.500 bibit tanaman produktif ini merupakan salah satu bentuk dari program kerja KKN-T Universitas Mataram, bibit yang dibagikan merupakan bibit usulan dari masyarakat pada saat pemaparan program kerja di Aula Kantor Desa Pengadangan,” ujar ketua KKN-T Unram, Ruhil Faizin.

Bibit tanaman produktif diperoleh melalui pengajuan surat permohonan kepada Dinas LHK Provinsi NTB, kemudian diarahkan ke Pusat Persemaian Pringgabaya, Lombok Timur. Setelah proses pengambilan, bibit tanaman produktif tersebut diserahkan secara simbolis kepada pihak Desa Pengadangan yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa dan Kepala Wilayah. Bibit tersebut kemudian dibagikan kepada seluruh masyarakat yang tersebar di 13 dusun di Desa Pengadangan pada bulan Januari 2023. Penanaman dan pembagian bibit tanaman produktif merupakan langkah awal dari program kerja penataan lingkungan di Desa Pengadangan.

“Kami sangat berterimakasih kepada Mahasiswa KKN-T Universitas Mataram, karena dengan adanya pembagian bibit tanaman produktif ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pengadangan” ungkap bapak Iskandar, selaku Kepala Desa Pengadangan.

Pembagian dan penanaman bibit tanaman produktif ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pengadangan, khususnya dibidang pertanian yaitu pemanfaatan lahan kebun sehingga dapat menghasilkan tanaman yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai jual.

 

Tags
guest

3 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
Dani
Dani
14 hari lalu

Luar biasa banget

Irina
Irina
14 hari lalu

Suatu kegiatan yang luar biasa

Zarina
Zarina
14 hari lalu

Semangaaat ✨

Baca Juga :

Close
Close