Ibu Hamil di Lotim Diupayakan Terdaftar Peserta BPJS PBI

AmpenanNews. Ibu hamil kurang mampu di Kabupaten Lombok Timur akan diupayakan terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur H.Suroto, Terhadap ibu hamil yang belum punya jaminan kesehatan atau belum punya BPJS pasca Jampersal tidak diberlakukan akan diupayakan dengan segera memiliki BPJS.

“Untuk Tahun 2023 jumlah ibu hamil yang akan melahirkan itu sekitar 2300 dan Dinsos sudah melakukan koordinasi serta komunikasi dengan RSU dan Dikes Bidang Kesmas. intinya pemda akan memfasilitasi semua ibu hamil dan ibu melahirkan terutama yang miskin utk di usulkan masukkan menjadi peserta bpjs PBI baik pusat maupun Provinsi atau Kabupaten” ucap jelasnya saat dikonfirmasi media, Rabu (11/01/2023).

Masih kata Suroto, Bagi ibu hamil yg mampu, diharapkan bisa mendaftar diri menjadi peserta BPJS Mandiri yang iurannya sekitar Rp.35.000 per orang per bulan.

“Jika 2300 ibu hamil yang belum punya BPJS kita bagi 12 bulan berarti ada sekitar 191 ibu hamil yang harus difasilitasi BPJS nya setiap bulan. dari 191 bumil ini jika kita bagi 254 desa dan kelurahan berarti hanya 1 orang yang diusulkan di setiap desa setiap bulan nya tinggal desa melalui Operator Desa (Opdes). bulan ini kalo ada peserta yang layak di keluarkan karena meninggal, karena pindah ke luar daerah karena tidak layak dapat terus diganti dg ibu hamil yang akan melahirkan”

Sebagai tambahan informasi, adapun proses verifikasi validasi datai sudah dan sedang berlangsung di semua desa

“Jadi InsyaAllah aman dan akan selalu ada solusi dari pemerintah utk rakyatnya apalagi utk ibu hamil dan ibu melahirkan yang tidak mampu. Jampersal akan di integrasikan dengan JKN atau BPJS Baik yg PBI atau yang Mandiri. Kalau semua penduduk menjadi peserta BPJS kan aman. intinya Pemda siap fasilitasi masalah jampersal. Kelihatanx besar ketika kita sebut setahun 2300 yang belum punya BPJS, tetapi jika kita bagi tiap bulan trs kita petakan atau mapping di 254 desa dan kelurahan InsyaAllah selalu ada solusi” ucap singkatnya

 

Tags
guest

1 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
Sulhimunir
Sulhimunir
17 hari lalu

Pelayanan untuk masyarakat yang berkeadilan

Baca Juga :

Close
Close