Sangkep Beleq ke-V Majelis Adat Sasak 2022 Digelar

AmpenanNews. Majelis Adat Sasak (MAS) gelar Sangkep Beleq V tahun 2022 yang bertujuan untuk menunjang dan mendukung serta membangun tata kelola,yang massif, sistematis dan terstruktur serta komprehensif.

“Sangkep Beleq” ke V MAS tahun ini mengangkat tema:,“Peririq Bale Langgak, Jagak Gubuq Gempeng, Bine Dese Darat Gumi Paer Sasak”.

Melalui press konfrence, Ketua umum SC, DR HL Sajim Sastrawan, mengatakan bahwa Sangkep Beleq V MAS tahun ini guna memperkuat peran strategis kelembagaan MAS atas kesepakatan bersama untuk dilaksanakan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, 16/12

,”Sangkep Beleq ini juga untuk memperkuat koordinasi, konsolidasi dan soliditas kelembagaan Majelis Adat Sasak (MAS), sebagai representasi penguatan Masyarakat Adat Sasak, “ucapnya,didampingi oleh SC
Drs. H. Lalu Supardan ,pada Jum’at(16/12/2022).

Selain itu juga guna memperkuat semangat visi dan gerakan untuk menanamkan semangat Ke-Sasak-an menuju masyarakat adat Sasak yang bersatu, berwibawa dan berdaulat.

Sementara itu ditambahkan oleh
Sekertaris OC , Agus Marta Hariadi, bahwa nantinya dalam kegiatan yang akan digelar selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu (17-18/12-2022) ada sejumlah agenda yang dilakukan diantaranya penganugerahan penghargaan.

“Nanti ada a pemberian penghargaan kepada pimpinan 10 partai politik di NTB.,juga kepada sejumlah tokoh masyarakat, “ucapnya.

Menurutnya pemberian penghargaan tersebut dilakukan atas dedikasi, komitmen dan integritas atas pemberdayaan, pengembangan, pembangunan dan pembelaan
atas nilai – nilai dan marwah suku bangsa Sasak.

Ditambahkan oleh Ketua OC, Lalu Prima WP, bahwa sejumlah tamu yang diundang menghadiri Sangkep Beleq V ini diantaranya dari kalangan partai politik, Perguruan Tinggi, Pemerintah. Diaspora, tokoh adat ,tokoh perempuan, tokoh ormas. tokoh etnis lain yang ada di gumi sasak. tokoh lintas agama sasak.

Perlu diketahui bahwa Sangkep Beleq V Majelis Adat Sasak tahun 2022, merupakan agenda lima tahunan yang telah diatur dalam AD –
ART dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) MAS.

Diakhir kegiatan Sangkep Beleq V ,nanti akan ada deklarasi piagam Gumi SasaK
yang merupakan perjanjian dan pernyataan sikap bersama
masyarakat suku bangsa Sasak yang berbentuk Piagam Gumi Sasak,
yang ditanda tangani oleh Pengelingsir (sesepuh) adat Sasak dan
pemuka adat Sasak termasuk Pemban Majelis Adat Sasak (MAS).

Untuk melengkapi informasi, bisa mengunjungi Channel kami

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close