Gubernur NTB membuka Festival Budaya Uma Lengga V di Wawo
Terjemahan

AmpenanNews. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., membuka secara resmi kegiatan Budaya, Festival Uma Lengga V, Rabu (14/9/2022) di desa Maria kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Sambutan Gubernur NTB, memuji suasana dan kemeriahan serta eksotisnya latar belakang situs budaya Uma Lengge.

“Semua Festival bukan hanya sebuah seremoni, bukan hanya upacara adat, namun mengandung makna sangat dalam,”pesan Bang Zul, dalam rangkian kunjungan kerjanya di Bima.

Gubernur melanjutkan bahwa tradisi Festival merupakan bagian dari jalan untuk mengekpresikan dan memaknai rasa syukur dan pesan agar selalu mengingat sang pencipta, Allah SWT.

Doktor Zul juga mengingatkan pada tahun 2028 mendatang NTB akan menjadi tuan rumah PON XXII. Sehingga rangkian Festival Uma Lengge bertepatan dengan pertandingan salahsatu cabang olahraga di Bima, pada ajang olahraga bergensi tersebut.

Baca Juga :  Kadis Kominfotik, Masyarakat yang Jenuh Butuh Informasi Sehat

“Untuk itu, kita harus berani untuk mulai berbenah dan menyiapkan diri, agar peserta PON dapat hadir pada Festival ini,”ujar Doktor Zul didepan Walikota Bima H.M. Lutfi yang hadir bersama ketua Dekranasda Kota Bima, Hj Ellya HM Lutfi.

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, menyampaikan apresiasi atas waktu Gubernur membuka secara resmi Festival Uma Lengge.

“Terimakasih Pak Gubernur NTB, sudah membersamai kami, disela kesibukan kunjungan kerjanya,”ucap Bupati

Bupati menyampaikan bahwa situs uma lengge tidak saja kebanggaan masyarakat Desa Maria, tetapi kebanggaan seluruh masyarakat Bima

“Uma Lengge ini, fungsi bukan hanya penyimpan cadangan pangan masyarakat, namun dapat dimanfaatkan untuk berkumpul, bermusyawarah untuk kemajuan desa Maria,” ungkap istri mendiang Bupati Bima Ferry Zulkarnain ini.

Baca Juga :  Upacara Hari Ulang Tahun ke 77 Republik Indonesia

Bupati Bima juga menyampaikan, Kecamatan Wawo menjadi kiblat dan contoh bagi kecamatan lain di Kabupaten Bima dari tingkat keamanannya.

Untuk masyarakat Wawo, masyarakat yang santun, menjaga kerukunan, serta kedamaian, dan tetap menunjukkan jati dirinya sebagai Dou Mbojo.

Ketua Panitia Festival, Ramdan mewakili masyarakat Wawo dan Maria khususnya merasa bangga dan atas kehadiran tiga pemimpin daerah malam ini, yaitu Gubernur NTB, Bupati Bima dan Walikota Bima serta anggota DPRD Kabupaten Bima

“Festival Uma Lengge Ke V Tahun 2022 Desa Maria Kecamatan Wawo diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata Pelopor Maria dan dukung oleh Pemdes dan berbagai pihak,” ujar tokoh pemuda tersebut.

Kesempatan tersebut, Gubernur NTB juga menjadi warga kehormatan desa Maria kecamatan Wawo dan menyumbang sejumlah dana guna mendukung kegiatan budaya tersebut.

Baca Juga :  Jamnas IMI Promosikan MotoGP 2021

Mendampingi Gubernur, Asisten 2 Setda Provinsi NTB, Kadis Perindag, Sekertaris Bappeda, kepala Brida, kepala Disdak, Kadis ketahanan Pangan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Tambun, Kadis LHK, Kadis Peternakan dan Keswan, Kadis DPMPTSP, Kadis Desa dan Dukcapil, Kadis DP3AP2KB, Kepala Bakesbangpol, Karo Ekonomi, Karo Adpim, PLT Karo PBJ, GM Geopark Tambora dan sejumlah Kepala Cabang, UPTD Provinsi di Bima.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments