Satu Rumah Rusak dan Seorang Tukang AC Dilarikan ke RSUD

AmpenanNews. Satu rumah rusak dan seorang tukang service AC terjatuh dilarikan ke RSUD Praya, Kabupaten Lombok Tengah akibat gempabumi 22/8.

Akibat gempabumi M. 5.8 di wilayah Pantai Selatan Klungkung, Bali diguncang gempa tektonik berakibat baru satu rumah yang diketahui hancur atas nama H. Muhammad Hamdiana yang beralamat BTN Roemah Mandalika. 04, Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah.

” memang benar untuk saat ini baru satu rumah yang diketahui hancur dan seorang tukang service AC di Bank NTB Syariah Praya terjatuh dan dilarikan RSUD Praya,” kata Arida BPBD Kabupaten Lombok Tengah melalui telpon.

Sampai sejauh ini, Arida, Kepala Badan Penanggulangan Bemcana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, mengerahkan seluruh petugas untuk turun ke lapangan dan menunggu informasi langsung dari petugas yang ada dilapangan.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,36° LS ; 115,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 Km arah Selatan Nusapenida, Klungkung, Bali pada kedalaman 134 km.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_

Hingga pukul 17.00 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan _aftershock_ .

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channelt.me/InaTEWS_BMKG atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, S.Si,

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close