Yayasan Fathul Muin Annahdloh (YAFAMA) NW Gelar Serah Terima Santri Baru
Terjemahan

AmpenanNews. Sebagai tanda dimulainya proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Fathul Muin NW yang bernaung di bawah Yayasan Fathul Muin Annahdloh (YAFAMA) NW Montong Tangi, Kecamatan Sakra Timur, dilakukan acara serah terima santri baru untuk perdana, penyerahan santri baru tersebut berlangsung di halaman yayasan setempat, pada Rabu (13/07).

Dalam sambutannya, Ketua YAFAMA, Hasanah Efendi, mengungkapkan bahwa acara serah terima ini adalah peninggalan ajaran mahaguru kita almagfurulah Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, pada masa hayatnya. Dimana, beliau setiap tahun ajaran baru pendidikan selalu mengadakan kegiatan serah terima santri baru yang dikenal dengan ‘Nyerah Mayung Sebungkul’ (menyerahkan anak seutuhnya oleh orang tua kepada sang guru dengan ikhlas untuk digembleng menjadi anak yang sukses).

Baca Juga :  Polda NTB Beri Bantuan. Bupati Berencana Bangun Jembatan

“Tradisi inilah yang saya lanjutkan untuk mengambil berkah dari maha guru kita, karena YAFAMA ini adalah yayasan baru dan menerima santri perdana juga. Jadi untuk memulai belajar, orang tua harus menyerahkan anaknya secara ikhlas untuk diajar, dididik, dibina menjadi pejuang agama oleh para guru/ustadz,”ungkapnya.

Terkait gedung belajar, katanya, pihak yayasan akan berusaha untuk menyelesaikan pembangunan ruang belajar yang baru dimulai dibangun. Tentunya dukungan semua pihak, khsususnya masyarakat Desa Montong Tangi sangat kami butuhkan demi membangun generasi Islami yang berakhlaq mulia.

“Target yayasan tahun ini bisa diselesaikan lantai pertama, dan tahun kedua bisa tuntas pembangunan ruang belajar 6 lokal lantai 2. InsyaAllah asal kita kompak, utuh bersatu, apapun yang kita rencanakan dan bangun akan mudah,”pungkasnya.

Baca Juga :  Sekda Lotim Serahkan Secara Simbolis Keputusan Pengangkatan 87 PPPK

Sebelumnya, Kepala MTs. Fathul Muin NW, Buhari Muslim, menyampaikan bahwa santri baru pada tahun pelajaran 2022-2023 ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 laki dan 13 perempuan.

“Alhamdulillah angkatan perdana kita cukup banyak santri baru kita di MTs ini. Nanti proses belajarnya ala pesantren kendati anak tidak mondok karena kekurangan ruang atau lokal. Insya Allah ke depan jika ruang tersedia, santri akan dipondokan 1005,”ujarnya.

Sementara itu kegiatan penyerahan santri baru ini juga dirangkaikan dengan pengajian yang disampaikan TGH. Muhammad Muzayyin Sabri, adapun tema dalam pengajian tersebut mengupas tetntang bagaimana dahsyatnya doa orang tua kepada anaknya. Oleh sebab itu ibu atau orang tua jangan sekali mendoakan anaknya dengan hal-hal yang tidak baik, akan tetapi doakan dia menjadi anak yang suskes, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Baca Juga :  Bang Zul Ajak Pondok Pesantren agar Melek Finansial

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments