Unik! Team KKN Unram Sukses Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

Unik ! Team Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unram di Desa Sokong , Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) sukses menyelenggarakan sosialisasi Mitigasi Bencana di beberapa SD dan SMP desa Sokong pada Rabu, 13 Juli 2022 sampai senin 18 juli 2022. kegiatan tersebut sebagai bagian dari mitigasi bencana banjir, logsor, gempa bumi, dan bencana lainnya.

Ketua Kelompok KKN Unram Desa Sokong, Mazwandi Azmi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan setelah melakukan survei di beberapa SD dan SMP di beberapa dusun di Desa Sokong. Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak seperti, Kepala Dusun, dan Karang Taruna, kepala sekolah, dan pihak terkait di desa sokong.

“Melalui aksi Sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan mitigasi bencana banjir dan longsor. Tidak hanya itu, diharapkan juga melalui aksi Sosialisi ini para siswa dapat memahami cara mitigasi diri dari bencana yang ada dilingkungan sekitar. Dan yang terpenting, tentu masyarakat akan menjadi lebih teredukasi untuk peduli dengan bencana yang bisa saja terjadi kapan saja,” jelas Azmi.

Aksi ini berawal dari terjadi tanah longsor yang menimpa beberapa dusun di desa sokong, KLU, ketika musim hujan mulai datang, yakni di dusun batu emping, tuti, murnangga, majalangu, prawira, dan tanak sanggar. Di dusun tuti ada beberapa jalan yang terputus akibat dari longsor.

Ia menyampaikan, Desa sokong berada pada posisi dekat dengan lereng dan perbukitan. Di Dusun tuti, batu emping, murnangga, tanak sanggar, dan murjumeneng memiliki potensi tingginya terjadinya longsor. Ini karena pada tanah tersebut masih ada terjadinya penebangan pohon.

“Ini mendorong turunnya daya serap air pada tanah di daerah dekat lereng perbukitan, terutama di keempat dusun tersebut. Potensi bahaya ini tentu akan semakin tinggi bersamaan dengan meningkatnya curah hujan di Lombok Utara selama 2022 ini” ujarnya.

Anggota KKN terdiri dari 10 orang, yaitu ICLASUL AMAL, AFRINA JULIANA, ALDA RAUDATUL JANNAH, DETI APRIANI, FATHIN NABILA, LALU OCKY SAKTIYA LUHUNG, LATHIYFA NURUL ARSY, LULU ILMAKNUN, MAZWANDI AZMI , PUTRI DIAN RAHMA MAULIDYA.

KKN ini dimulai dari pelepasan pada Tanggal 20 Juni 2022 dan akan ditarik pada 04 Agustus 2022.

Ada empat program utama KKN Tematik di Desa Sokong yaitu Pembuatan Media Informasi seputas Mitigasi Bencana, Penghijauan, sosialisasi Mitigasi kebencanaan, dan gerakan peduli sesama serta Gotong royong bersama warga masyarakat Desa Sokong, Kecematan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Penulis

Ichlasul Ama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram di Desa Sokong , Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close