Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Sosialisasi Sadar Wisata di Desa Mamben Baru

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, Mahasiswa Universitas Mataram yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik periode 2022/2023 dengan tema Pariwisata dan Lingkungan di Desa Mamben Baru, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, menggelar kegiatan sosialisasi sadar wisata dalam memberikan motivasi berwisata kepada masyarakat sekitar.

Maksud dari kegiatan sosialisasi sadar wisata ini adalah mengembangkan kelompok masyarakat yang dapat berperan sebagai motivator, penggerak serta komunikator dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian masyarakat di sekitar destinasi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi berkembangnya kepariwisataan, serta memiliki kesadaran akan peluang dan nilai manfaat yang dapat dikembangkan dari kegiatan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Kegiatan itu dilakukan di wisata kebun telaga dengan dihadiri oleh perangkat desa, ibu-ibu PKK, Pokdarwis serta Bapak Dosen H. Akhmad Saufi,SE, M.Bus., Ph.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan sebagai narasumber dari kegiatan ini, beliau juga menggandeng tamu dari Makkah yang dimana beliau merupakan rekan dari bapak dosen sendiri yang tujuan utamanya berkunjung adalah untuk belajar mengenai pariwisata. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari rabu, 6 Juli 2022.

Di era perkembangan zaman, sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan sehingga dalam upaya mewujudkan daya tarik berwisata maka para pemuda serta masyarakat sekitar diharapkan mampu untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi sehingga dapat memanfaatkan potensi wisata yang ada di kebun telaga.

Potensi wisata kebun telaga terbilang sangat menjanjikan, Kebun telaga merupakan destinasi wisata unggulan desa mamben baru. Destinasi wisata ini memanfaatkan sumber mata air yang melimpah yang berada di sekitaran destinasi ini.

Mata air ini juga merupakan salah satu sumber mata air yang digunakan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan perairan mereka.

Udara yang sejuk dan lembab ketika pagi dan sore hari serta suasana yang nyaman membuat destinasi ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman maupun orang-orang tersayang.

Selain itu, keindahan alam seperti tebing, kebun jagung serta lingkungan yang masih asri bisa menjadi objek wisata yang menjanjikan. Sehingga destinasi wisata kebun telaga bisa terbilang sebagai sumber perekonomian desa mamben baru.

Sosialisasi sadar wisata dilakukan untuk meningkatkan kesadarn masyarakat akan pentngnya kegiatan wisata bagi daerah dan masyarakat.

Dimana nantinya masyarakat memahami sadar wisata dan sapta pesona peu diperlihara dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu harapan dari dilaksanakannya sosialisasi ini adalah sebagai langkah awal dalam memberi petunjuk dan arahan yang relevan pada masyarakat,  khususnya para pemuda agar lebih percaya diri untuk berkompetisi dn berinovasi di wisata kebun telaga.

Pada akhir sosialisasi ini, bapak H. Akhmad Saufi,SE, M.Bus., Ph.D selaku narasumber pad kegiatan ini memberikan saran yang sangat luar biasa dalam memajukan destinasi wisata ini.

“ Di bagian lahan kosong ini bisa dibangun rumah-rumah seperti rumah-rumah yang ada di film kartun yang bentuknya seperti jamur, itu bisa dibangun menggunakan bambu atau kayu-kayu jadi nanti kesannya sederhana tapi sangat nyaman. Terlebih juga di wisata ini masih sangat asri sehingga kalau ditambahkan dengan rumah-rumah yang kayak gitu pasti kelihatannya sangat bagus dan cocok, dan pasti orang-orang juga bakalan sangat tertarik” ucap narasumber kepada pak Kades Mamben Baru.

Selain itu, Mahasiswa KKN Unram diharapkan bisa memberikan saran dan pendapat terhadap perkembangan wisata secara nasional maupun regional di Mamben Baru sehingga bisa membantu dalam mengembangkan serta memajukan destinasi wisata kebun telaga yang berada di Desa Mamben Baru.

Penulis
Melissa Tita
Perwakilan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Mamben Baru, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur.
 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close