Kades Darek Diminta Selsaikan Persoalannya Secara Kekeluargaan
Terjemahan

AmpenanNews.com – Kepala Desa (Kades) Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, H Ismail Sahabudin, diminta untuk menyelesaikan persoalan dengan warganya itu dapat diselsaikan secara kekeluargaan. Pasalnya, tindakan dari kades yang melayangkan laporan ke aparat penegak hukum (APH) itu dinilai kurang elok.

Mengingat, yang menjadi terlapor dalam hal ini merupakan masih warga dari desa darek sendiri, yang mana dalam hal ini diduga telah melakukan tindakan yang dianggap telah mencoreng nama baik dari kades sendiri. Akan tetapi, hal itu dinilai dapat memicu percikan api baru seuasi adanya kelarifikasi dari kades darek sendiri.

Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah, Zaenal Mustakim mengatakan bahwa, sebagai warga negara yang dipandang sama dimata hukum, tentu langkah yang diambil oleh kades darek itu sudah tepat.

Baca Juga :  Guru Besar Gerah dengan Arogansi Oknum Kades Dopang

Namun disatu sisi, Zainal juga berharap persoalan tersebut dapat diselsaikan secara kekeluargaan. Menurutnya, tidak semua perkara dapat diselsaikan secara hukum.

“Tapi kalau bisa kita harapkan kalau ada masalah di desa itu supaya diselsaikan secara kekeluargaan. Agar tidak sedikit – dikit lapor ndak baiklah,” kata Zainal Musatakim, saat ditemui AmpenanNews.com di ruangan kerjanya, pada Selasa (19/7/2022) kemarin.

Kemudian, sebagai mantan camat di Kecamatan Praya Barat Daya, tentu ia sudah tahu betul bagaimana kondisi dan watak dari masyarakat desa darek. Oleh karena itu, ia melihat permasalahan tersebut masih dapat diselsaikan secara kekeluargaan.

“Memang disatu sisi kita punya hak hukum, tapi disatu sisi juga kita harus menjaga kondusifitas dengan cara menyelesaikan sesuatu dengan cara kekeluargaan,” sebut Mantan camat Praya Barat Daya itu.

Baca Juga :  Komisi III dan PUPR Loteng Diminta Turun Cek Kondisi Jalan Bypass Batujai-Praya

Selain itu, dari pihak dinas sendiri sampai hari ini belum melakukan pemanggilan atau memberikan masukan terhadap kades darek. Namun Kadis mengaku perkara ini tidak luput dari pemantauan pihaknya.

“Kita memang selama ini terus memantau, jadi kita belum melakukan pemanggilan terhadap kades darek,” ujarnya.

Menurut Zaenal, persoalan yang menimpa kades darek ini harus dapat diselsaikan sesegera mungkin. Baginya, hal itu supaya segala urusan di pemerintahan di desa darek dapat berjalan seperti biasa.

“Masukan saya kepada kades cuman satu, desa darek itu harus segera kondusif dan pelayanannya berjalan seperti biasa, pembangunannya juga harus tetap jalan, itu aja,” pungkasnya. (di)

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments