Kampung Sehat Mendorong Warga Patuhi Protokol Kesehatan


AmpenanNews. Keberadaan kampung sehat mendapat respons positif dari warga Kampung Harapan Lingkungan Tengari, Kelurahan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Adanya kampung sehat menjadikan warga kampung Harapan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Manfaat lainnya yang dirasakan adalah lingkungan mereka menjadi bersih, asri dan aman.

Tujuan utama dibentuknya kampung sehat agar masyarakat (peduli) dengan pencegahan penyebaran penyakit menular.

Adanya kampung sehat mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

“Saya kaget begitu masuk gang kampung harapan ini tertata rapi, bersih, dan warganya sangat kompak,” ujar Bupati Lombok Tengah saat road show bersama rombongan Forkopimda, sabtu (8/8/20).

Sementara itu, Lurah Praya Sazdi menyampaikan kepada rombongan road show, bahwa dalam kesehariannya warga kampung harapan selalu menerapkan protokol kesehatan, entah saat melaksanakan ibadah di Musholla, saat ibu-ibu melaksanakan posyandu, dan pada saat anak-anak bermain mereka selalu menggunakan masker.

“Saya percaya, Kampung harapan bisa mewakili Kecamatan Praya untuk mengikuti lomba kampung sehat tingkat kabupaten bahkan provinsi,” kata Sazdi.

Selain penerapan protokol kesehatan, warga kampung harapan juga memanfaatkan perkarangan rumahnya masing-masing untuk ditanami segala jenis sayur mayur dalam mendukung ketahan pangan.

Kampung Harapan juga memiliki kelompok wanita tani (KWT) yang beranggotakan seluruh ibu-ibu rumah tangga, yang kedepan KWT kampung harapan akan memproduksi minuman herbal dari jahe dan mint serta mereka tanam sendiri di perkarangan rumah masing-masing.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close