Terjemahan

Lombok Barat – Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat (Lobar) bersama para pelaku pariwisata yang ada di lobar berkumpul untuk berdiskusi dalam acara Tourism Business Forum yang diadakan di Pusat Oleh-oleh Lombok Exotic Batulayar malam tadi, Rabu (25/5/2022).

Selain sebagai ajang silaturrahmi rutin antara pelaku industri wisata dengan pemerintah daerah yang langsung dipimpin Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan sejumlah pihak yang terkait dengan kepariwisataan, gathering malam tadi juga digunakan untuk expose rencana pembukaan rute laut dari Bali menuju Senggigi Lombok Barat.

“Kita semua rencananya akan membuka rute laut dari Nusa Dua (Bali) – Gili Gede – Lembar – Senggigi atau Nusa Penida – Gili Gede – Senggigi,” ungkap Bupati.

Fauzan mengaku rencana pembukaan rute laut baru untuk wisatawan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Lobar.

Baca Juga :  Kodim 1606/Lobar Gelar Pembersihan Pantai Di Hari Juang TNI AD

“Mudah-mudahan usaha-usaha semacam ini lancar dan kami sendiri di Lombok Barat terus berkreasiberkreasi, beinovasi supaya Senggigi ini lebih tertata lagi,” sambungnya.

Lebih detail, Putu Suciawan selaku CEO J-Trip yang merupakan partner dalam pembukaan rute baru ini menjelaskan jika adanya rute baru ini bisa mempermudah akses, hingga menghemat waktu dan biaya perjalan wisata.

Rute dari Sanur (Bali) – Nusa Penida – Gili Gede – Senggigi ini dibuka untuk menunjang pariwisata Senggigi, bisa jadi juga nanti ke Gili Trawangan, karena kalau melihat kebutuhan, kebutuhan itu banyak sekali.

“Untuk datang ke Lombok ini pintunya lewat mana, kalau melalui Lembar kan lebih untuk transportasi umum, jadi kita khususkan rute Senggigi ini untuk menjadi pintu pariwisata yang masuk ke Lombok selain Sekotong,” jelas Putu.

Baca Juga :  Dandim Lobar Tinjau Program TMMD ke 107

“Costnya akan lebih hemat dan lebih mempersingkat waktu, kalau kita hitung total waktu yang ditempuh untuk rute ini nantinya hanya 2 jam dengan singgah di beberapa tempat tadi,” lanjutnya.

Rencana pembukaan rute ini disampaikan Putu sudah sampai pada tahap realisasi dan tinggal menunggu aturan dari dinas perhubungan di daerah, dokumen-dokumen pendukung dan izin trayek.

Di tempat yang sama, anggota komisi II DPRD Lobar Abdul Majid mengatakan pembukaan rute baru ini adalah sebuah terobosan baru yang menguntungkan bagi destinasi wisata satu dengan yang lainnya.

“Ini adalah terobosan yang harus kita dukung bersama demi untuk meningkatkan Pendapan Asli Daerah kita dan menghidupkan kembali pariwisata kita pasca pandemi,” ujar Abdul Majid.

Baca Juga :  Gempabumi Wilayah Nusa Tenggara Barat Bulan Agustus

Ia berharap dengan dibukanya rute ini memberikan mimpi dan harapan-harapan yang baik untuk membangkitkan kepariwisataan di Lombok Barat pasca pandemi.

“Tentu dengan rencana ini, pariwisata kita akan terbantukan, ketika tamu bisa directly bisa dari Nusa Penida ke Gili Gede Sekotong, nanti di sana bisa menjual paket wisata lain, lalu menuju Senggigi, ini bisa menjadi semacam simbiosis mutualisme bagi destinasi wisata satu dengan yang lain,” pungkasnya.

Selain dihadiri langsung oleh Bupati dan para pelaku industri pariwisata yang ada di Lombok Barat, gathering kali ini juga dihadiri oleh Asisten 1 Setda Lobar, Kepala Bapenda Lobar, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Lobar dan anggota komisi II DPRD Lombok Barat dan sejumlah perwakilan dari OPD lainnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments