Tanggapi Patung Jokowi, Bupati Loteng: Kita Sepakat Tidak ada Masalah
Terjemahan

AmpenanNews.com – Gonjang ganjing perdebatan terkait pemasangan patung Presiden Jokowi menunggangi motor di Mandalika International Circuit (MIC) itu saat ini sudah dianggap selsai. Sehingga, tinggal menunggu waktu pemasangan, dan peresmian saja.

Bupati Lombok Tengah (Loteng), H. Lalu Pathul Bahri, dalam menanggapi polemik patung (Speed) Presiden Jokowi yang rencananya akan dipasang di pintu masuk Sirkuit Mandalika. Menurutnya, tidak ada persoalan dengan pemasangan patung tersebut.

Hal itu menurut Pathul sesuai dengan hasil rapat yang telah digelar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Loteng, dan juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Loteng.

“MUI, FKUB hadir semua. Mereka menyampaikan bahwa terhadap patung Jokowi itu tidak ada persoalan,” ungkapnya, saat ditemui wartawan di Kantornya, Jum’at (04/03/22).

Baca Juga :  Prof. Husni Paparkan Profile Unram di Hadapan Mendikbudristek RI

Bupati yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Loteng menanggapi terhadap sejumlah pihak yang menolak. Hal itu menurutnya semata-mata perbedaan sudut pandang saja, dan tidak ada yang perlu dipersoalkan lagi. Adapun Pemda sudah menelaah patung tersebut sebagai karya seni dan memberikan keleluasaan terkait dengan pemasangannya.

“Tidak ada persoalan dan kita sepakat tidak ada masalah,” ujarnya.

Diketahui, penolakan atas rencana pemasangan patung karya seniman Nyoman Nuarta tersebut sempat disuarakan beberapa pihak. Akan tetapi, jelas Pathul, keberadaan patung presiden sedang ngebut naik motor tersebut merupakan penghargaan masyarakat Loteng kepada presiden Jokowi sebagai Kepala Negara. Selain itu, keberadaan patung tersebut menurutnya harus lebih dilihat sebagai karya seni.

Baca Juga :  Program TPAKD Berhasil Berantas Rentenir Melalui Kredit tanpa Bunga

“Karya seni yang ditunjukkan oleh warga Indonesia bahwa presiden itu hadir di Loteng, dan tidak ada persoalan,” katanya.

Patung presiden Jokowi tersebut, ditegaskan akan tetap dipasang di Sirkuit Mandalika. Namun kapan pemasangan akan dilakukan tidak diketahuinya secara pasti. Karena tergantung dari pemerintah pusat. Yang jelas, Pemda Loteng menyebut tidak ada persoalan terkait keberadaan patung tersebut nantinya.

“Ini sangat teknis, kami tidak tau, itu persoalan di pusat. Yang jelas tadi kita sudah rapat dan tidak ada persoalan patung tersebut, ” tegasnya.(DI)

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments