HKG PKK Loteng Komit Bangun Sinergi dengan Pemerintah

AmpenanNews.com – Puncak Peringatan hari kesatuan gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ke-50. Kali ini mengangkat tema komitmen bangun sinergi dengan pemerintah. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Bupati kabupaten Lombok Tengah (Loteng), pada Selasa (29/03/22).

Kusriadi, selaku ketua pelaksana dalam HKG tersebut menyampaikan kalau peringatan yang dilakukan setiap tahun ini merupakan momentum dukungan segenap jajaran tim penggerak PKK terhadap pemerintah.

“Mulai dari tingkat pusat, provinsi, kecamatan hingga desa yang sangat potisitif dan mendasar serta memiliki arti penting yang startegis dalam mengimplementasikan 10 peran pokok PKK,” ungkap Kusriadi.

Adapun tema dari HKG ke 50 tuhun ini adalah gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. Ia juga menerangkan, kalau peringatan HKG ke 50 ini, penggerak PKK Lombok Tengah, telah melaksanakan berbagai hal.

“Diantaranya adalah pendampingan penguatan stanting bersama tim pendamping keluarga. Dan Alhamdulilaah sudah terbentuk sekitar 2391 pendamping keluarga, termasuk unsur PKK ada didalamnya,”Ucapnya.

Kemudian pendampingan pembentukan posyandu keluarga dan telah terbentuk sekitar 1702 posyandu keluarga di Loteng. Sehingga tujuan dalam HKG ini juga untuk mewujudukan peranan tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis.

“Adapun peserta pertemuan ini dihadiri oleh 150 peserta yang diikuti oleh perwakilan PKK provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa,” jelasnya.

Tempat yang sama, Pembina PKK Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh penggerak PKK Loteng. Sebab membangun Sumber Daya Manusia itu adalah pekerjaan yang paling berat. Tidak seperti membangun kantor Bupati.

“Maka tugas-tugas berat ini, harus kita lakukan secara bersama-sama. Sinergitas penting sekali, bahkan mulai dari hal-hal kecil harus terus dilakukan secara bersama-sama,” kata Bupati Loteng tersebut.

Kemudian, ia juga menyebutkan bahwa, pihaknya di pemda Loteng saat telah menggelorakan 10 program pokok PKK sesui dengan prioritas program sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi, dan potensi yang dimiliki. serta tidak lupa ia sampaikan sebagai sarana publikasi yang efektif terhdap gerakan PKK.

“Memberikan penghargaan serta memotivasi kader PKK untuk lebih tahu, mau dan mampu untuk melaksanakan program PKK,”

Sementara, Ketua Penggerak PKK Loteng, Nurul Aini Pathul Bahri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, lingkungan keluarga harus menjadi fokus perhatian dalam gerakan PKK di Loteng. Sehingga apabila lingkungan keluarga dapat diberdayakan sesui dengan potensi dan kebutuhannya.

“Karena lingkungan keluarga merupakan unit terkecil di masyarakat. Maka gerakan PKK dapat berpotensi memberdayakan masyarakat secara keselurahan,” ujarnya.

Adapun tema yang diusung dalam peringatan HKG PKK ke 50 tuhun ini adalah Gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. Dimana tema tersebut merupakan tekad dari gerakan PKK untuk ikut serta dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

“Dimana gerakan PKK harus selalu memiliki nuanasa pembaharuan dan tidak monoton,” lanjutnya.

Selain itu, momentum peringatan HKG PKK ke 50 ini, bukan saja menjadi sebuah acara yang syarat dengan seremonial.

“Namun ini merupakan upaya memompa semangat pembaharuan kita dalam mengembangakan daya kreasi dan krearifitas kita dalam upaya pemberdayaan keluarga,” pungkas Nurul Aini Pathul Bahri.(DI).

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close