DPRD Desak Pemkab Lotim Aktifkan Pelayanan Menggunakan SKTM

AmpenanNews. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur, H.Daeng Paelori.SE., desak Pemerintah Lotim untuk dapat mengaktifkan kembali pelayanan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) bagi masyarakat tidak mampu.

Menurut Paelori, diaktifkan kembali pelayanan SKTM ini akan dapat memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat tidak mampu yang ada di Daerah ini terutama dalam memperoleh pelayanan kesehatan baik ditingkat Puskesmas hingga ketingkat Rumah Sakit.

“Di Lotim saat ini ada sekitar 142 ribu msyarakat yang tidak mampu selaku Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK) yang telah dinon aktifkan secara tiba-tiba oleh Pemerintah baik Provinsi maupun Pusat, tentu ini menjadi dilema, atas dasar itulah kemudian saya mendesak Pemkab Lotim agar mengaktifkan kembali SKTM bagi masyarakat yang tidak mampu ini” ucapnya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (17/3/2022)

Masih kata Paelori, masyarakat kita yang sakit penerima PBI JK inikan serba dilema karena dibawa kerumah sakit atau ke puskesmas harus mengeluarkan biaya secara mandiri, sementara kondisi ekonomi mereka sudah tidak mampu.

“Disaat seperti inilah semestinya kita Pemerintah hadir memberikan keringanan dan kemudahan bagi rakyat” ulasnya

Selain mendesak untuk diaktifkannya kembali pelayanan SKTM bagi masyarakat tidak mampu, Paelori, juga menyoroti soal pelayanan kesehatan bagi ibu melahirkan di Puskesmas.

Terhadap pelayanan kesehatan bagi ibu yang melahirkan, apabila sekiranya masih bisa melahirkan secara normal ditingkat puskesmas jangan asal main rujuk, karena biaya oprasi sesar cukup mahal, aspirasi ini juga cukup banyak kami serap di masyarakat” ungkapnnya

Begitu juga terkait dengan pelayanan ibu melahirkan dulu pernah ada Jampersal, namun dua tahun belakangan ini bersamaan dengan program SKTM sudah tidak diaktifkan lagi oleh Pemerintah.

“Saya kembali mendesak kepada Pemerintah Daerah Lotim untuk dapat mengaktifkan kembali Jampersal tersebut terlebih ditengah kondisi yang serba dilema seperti sekarang ini” singkatnya

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close