Musim Kemarau Hampir Merata di Wilayah NTB Dasarian 1 Mei 2021
Terjemahan

AmpenanNews. Kondisi terkini iklim dan Curah hujan di seluruh wilayah NTB pada dasarian I Mei 2021 berada pada kategori rendah (0 – 50 mm per dasarian.

Curah Hujan tertinggi terjadi di wilayah Kediri di Kabupaten Lombok Barat, dengan jumlah curah hujan sebesar 138 mm/dasarian.

Sifat hujan pada dasarian I Mei 2021 di wilayah NTB bervariasi pada katagori Bawah Normal (BN) hingga Atas Normal (AN).

Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya dalam kategori Pendek (6 – 10 hari). Namun ada beberapa wilayah terpantau mengalami HTH dengan kriteria panjang (21 – 30) hingga sangat panjang (31 – 60 hari).

HTH terpanjang terpantau di Pos Hujan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur yaitu sepanjang 51 hari.
Monitoring Musim Kemarau 2021 pada dasarian I Mei 2021 umumnya menunjukkan bahwa hampir seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah memasuki musim kemarau.

Baca Juga :  Gempa Tektonik Guncang Jembrana Bali

Namun beberapa wilayah termonitor masih belum memasuki musim kemarau seperti sebagian wilayah Kabupaten Lombok Utara, sebagian wilayah Kabupaten Lombok Barat, serta sebagan wilayah Kota Mataram.

Sedangkan kondisi dinamika atmosfer indeks ENSO saat ini berada dalam kriteria Netral dan diprediksi tetap terjadi setidaknya hingga bulan November 2021.

Indeks Dipole Mode saat ini berada pada kategori Netral dan diprediksi akan tetap Netral hingga Oktober 2021.

Saat ini, angin timuran secara umum mendominasi wilayah Indonesia, termasuk NTB, pergerakan MJO saat ini terpantau tidak aktif di Benua Maritim.

Anomali OLR menunjukkan di wilayah NTB mengalami daerah subsiden hingga pertengahan Mei 2021, namun pada akhir Mei terdapat potensi konvektifitas akibat dari aktivitas MJO. Oleh karena itu, perluang terjadinya pembentukan awan hujan pada akhir bulan Mei 2021 cukup besar.

Baca Juga :  Almadani Lahirkan Huflaz Yang Tehnokrat Bersama Formasi NTB

Kemudian untuk peluang curah hujan dasarian II Nei 2021, diprakirakan terdapat peluang curah hujan <20 mm/dasarian sebesar >50 – 90% yang merata hampir di seluruh wilayah NTB.

Sedangkan peluang curah hujan >50 mm/dasarian sebesar <10% yang terjadi di seluruh wilayah NTB.

Dampak pada awal musim kemarau ini, masyarakat dihimbau agar lebih bijak menggunakan air bersih. Namun masyarakat juga tetap waspada dan berhati – hati terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem yang bersifal lokal.

Masyarakat diharapkan untuk selalu memperhatikan informasi BMKG terlebih dahulu sebelum beraktivitas.
Info lebih lanjut mengenai Informasi Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 081917465601 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id Forecaster on duty : Nindya Kirana & Ni Made Adi Purwaningsih BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments